Ekonomi Tersandera Jika Jokowi-DPR Bersitegang

Ekonomi Tersandera Jika Jokowi-DPR Bersitegang

Ekonomi Tersandera Jika Jokowi-DPR Bersitegang

Jakarta - Sedikitnya terdapat lima ancaman terhadapperekonomian nasional, apabila ketegangan politik antara presiden terpilih Jokowi dan DPR berlanjut pasca-pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla pada 20 Oktober mendatang.

Kelima ancaman itu terdiri atas pelemahan kurs rupiah, pergerakan saham, memburuknya iklim bisnis, terhambatnya pembangunan infrastruktur, perlambatan laju pertumbuhan ekonomi, serta meningkatnya pengangguran.

"Jika kebuntuan politik terus berlanjut atau bahkan semakin memanas, sangat mungkin berbagai ancaman itu akan menjadi kenyataan," kata Direktur Riset Katadata, Heri Susanto di Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Seharusnya para elit politik dari kedua kubu antara Koalisi Prabowo dan Jokowi, perlu secara arif meredakan ketegangan, guna menghindari terjadinya kebuntuan negosiasi yang berujung pada krisis politik. "Jika ini terjadi, perekonomian nasional benar-benar tersandera oleh kepentingan sempit politik. Ongkos ekonomi yang harus ditanggung oleh seluruh rakyat," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:jokowi,