33 Terduga Pelaku Kejahatan Siber Digiring ke Imigrasi

33 Terduga Pelaku Kejahatan Siber Digiring ke Imigrasi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta  - Petugas Polda Metro Jaya membawa 33 warga negara Tiongkok yang diduga anggota sindikat kejahatan siber, ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. "Petugas akan mendata dokumen keimigrasiannya," kata Kepala Imigrasi Jakarta Selatan Cucu Koswala di Jakarta, Kamis (7/5).

Puluhan warga negara Tiongkok itu akan menjalani penahanan sementara di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan hingga pendataan selesai. Sebelumnya, anggota Polda Metro Jaya menggerebek rumah di Jalan Kenanga Nomor 44 RT 07/02 Cilandak Timur Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu sekitar pukul 20.00 WIB.

Rumah itu dihuni 33 Warga Tiongkok yang terdiri dari 14 orang wanita dan 19 orang pria. Polisi menduga para warga asing itu merupakan anggota sindikat kejahatan siber, dengan sasaran korban sesama warga Tiongkok yang berada di negeri tirai bambu itu. Selain ilegal, polisi juga mencurigai beberapa warga asing itu merupakan korban perdagangan manusia.

Menindaklanjuti kasus itu, pihak Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Asasi Manusia, Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia dan Subdirektorat Cyber Crime Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,