Distamkam Minta Warga Ikut Pelihara Taman

Distamkam Minta Warga Ikut Pelihara Taman

Bandung - Usai perhelatan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, taman-taman di seputar Kota Bandung terus dipercantik dan diperbanyak oleh  Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkam) Kota Bandung. Salah satunya adalah vertical garden yang berada di jalan Pasteur. Namun sayangnya, kKeberadaan vertical garden ini ternyata kini menjadi terabaikan oleh masyarakat. 

Kepala Bidang Pertamanan Distamkam, Dadang Darmawan ikut memberikan solusi tentang bagaimana seharusnya masyarakat Kota Bandung turut serta dalam pemeliharaan taman-taman tersebut. Menurut Dadang untuk vertical garden yang berada di Jalan Pasteur ini memang diberi oleh Pemkot Bandung, tetapi pemeliharaannya oleh dinas pertanian.

"Selain itu teman-teman  bina marga juga ikut, mereka juga punya tangki penyiraman. Vertival garden kan ke pertanian. Tapi seperti yang  Pak Wali sampaikan semangatnya kan gotong royong, masa sudah diberi pendonor tak kita pelihara," ujarnya di ruang wartawan Balaikota, jalan Wastukancana Bandung Kamis (7/5/2015).

Menurut Dadang, tanaman yang dipajang di pot kemudian dipasang dengan sistem vertical garden, tantangannya di penyiraman. Hal ini tentu berbeda dengan  tanaman yang langsung di tanah.

"Karena media tanam terbatas, hanya segitu aja bisa simpan air. Faktor kematian karena memindahkan pasti ada 5% kematian masih wajar dalam teori penanaman," ungkapnya

Dadang juga menambahkan bahwa upaya pemeliharaan saat ini sudah dilakukan dengan bekerja sama dengan dinas pertanian, satpol pp atau linmas, masyarakat juga seharusnya ikut memelihara. 

"Imbauan kepada masyarakat ketika ada tanaman atau fasilitas publik, mereka  bisa bantu  menyiram sehari sekali supaya tidak layu, tetapi pemupukan semprot hama itu bagian kami," jelasnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,