Guardiola Tak Ingin Salahkan Pemain

Guardiola Tak Ingin Salahkan Pemain

Pelatih Bayern Munchen Pep Guardiola (REUTERS / Alessandro Bianchi)

Barcelona - Kebobolan tiga gol tanpa balas tidak lantas mendorong pelatih Bayern Muenchen Pep Guardiola mengambil sikap reaktif dengan menyalahkan para pemain yang dinilai "kurang ini kurang itu".

Fc Hollywood kalah 0-3 dari Barcelona, dalam laga pertama semifinal Liga Champions, di Camp Nou, Rabu malam atau Kamis (7/5/2015) dini hari WIB. Guardiola lantas berujar bahwa "tim asuhannya melewati masa-masa yang sulit" dalam mengarungi masa tiga bulan terakhir ini.

Pelatih juara Bundesliga musim 2014/15 itu kemudian menunjuk bahwa daya terjang dan daya terobos tim asuhannya ke jantung pertahanan lawan kurang tajam. Hanya saja ia menyebut bahwa kekalahan itu bukan semata-mata karena salah menerapkan taktik ketika berlaga di Camp Nou.

"Tim tengah mengarungi masa-masa yang sulit dan saya sangat dapat memahami kondisi para pemain. Saya tidak akan pernah melupakan begitu saja peristiwa tiga bulan terakhir ini. Sulit menerima kekalahan terlebih dalam situasi tim yang siap bertanding," katanya sebagaimana dikutip dari laman Marca.com.

Ketika mengomentari penampilan gemilang Lionel Messi dan Neymar, maka Guardiola menyatakan, "Cara terbaik menghentikan pemain sekelas mereka yakni tidak memberi mereka ruang gerak leluasa. Skema ini yang kami terapkan dalam laga itu. Hanya saja kami tidak dalam posisi siap dengan kebobolan gol pertama," katanya.

Mengenai skema bertahan yang ia terapkan, mantan pelatih Barcelona itu mengatakan, "Kami ingin menguasai bola, meski kami tidak mendominasi pertandingan di babak pertama. Kami mampu menguasai jalannya pertandingan setelah turun minum, tetapi kehilangan kontrol dalam 15 menit jelang laga usai." (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,