Iya Gitu Jakarta Macet Pertanda Ekonomi Tumbuh Pesat?

Iya Gitu Jakarta Macet Pertanda Ekonomi Tumbuh Pesat?

ilustrasi. (Net)

Jakarta -  Aneh, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memandang, perekonomian Indonesian tumbuh pesat, yang tercermin dari banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan pribadi baik motor dan mobil.
 
"Jika Anda ke Jakarta, kadang teman Anda terlebih dahulu berkomentar lalu lintas Jakarta, karena macet. Ini bisa jadi baik dan buruk. Artinya, ekonomi Indonesia tumbuh pesat, karena semua orang punya mobil di Jakarta," kata JK saat membuka IIF Asia Summit 2015 di Pacific Place, Jakarta, Kamis (7/5/2015).
 
Menurutnya, perekonomian Asia itu dinamis di mana jika perekonomian Eropa membaik, tentunya perekonomian di negara-negara Asia seperti Indonesia juga membaik. Hal itu juga menjadi pemicu melesatnya pertumbuhan ekonomi. "Tapi perlu infrastruktur untuk membuat lebih baik. Kami butuh banyak dana pada waktu itu. Kita butuh lebih banyak lagi tenaga listrik," tambahnya.
 
Untuk sektor pertanian, lanjut JK pertumbuhan harus seimbang dengan pertumbuhan industri. Sebab, jika sektor pertanian meningkat berarti membutuhkan banyak mesin, tapi jika terus mengandalkan mesin penyerapan tenaga kerja pun akan terganggu. "Kalau terganggu akan berpengaruh terhadap kinerja industri. Oleh karena itu, dua hal itu tumbuh harus bersama-sama, pertanian dan industri manufaktur," katanya.
 
Sementara itu, di depan para pengusaha, JK pun menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal I-2015 jauh di bawah target dengan capaian 4,71 persen, memiliki sisi baik dan buruk. "Angka statistik kita 4,7 persen, ada berita baik dan buruk. Buruknya memang ini di bawah target. Namun baiknya kita masih lebih baik dari negara lainnya di kawasan ini," kata JK.
 
Menurut JK, di era pemerintahan Presiden Pertama Indonesia Soekarno Indonesia sudah memulai globalisasi. Saat itu pula pemerintah harus siap dengan perkembangan yang terjadi di global. "Siap atau tidak kita sekarang berada di era globalisasi. Tentu pada situasi ini kita bicara soal ekonomi, tapi isu lainnya juga banyak yang harus kita bicarakan," tegasnya.
 
Tidak hanya itu, lanjutnya perkembangan ekonomi global pun tentunya tidak bisa diatasi oleh salah satu negara, tetapi harus dirundingkan secara bersama. "Ini situasi kita dan harus dibicarakan secara bersama-sama, karena kita ingin tumbuh lebih baik. Enggak ada yang mengharapkan pertumbuhan rendah," tutupnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,