Pencarian Korban Dihentikan Tim THC Tetap Optimis

Pencarian Korban Dihentikan Tim THC Tetap Optimis

ilustrasi. (Net)

Bandung - Pemerintah Nepal menginstruksikan para pencarian korban yang berada di negaranya untuk pulang, ke negaranya masing-masing tetapi Taruna Hiking Club (THC) masih akan terus menyiagakan timnya di Nepal. 

Ketua THC, Grahito Handaru, mengklaim pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan otoritas Nepal untuk menitipkan orang-orangnya agar bisa terus mencari keberadaan tiga rekannya yang hilang yakni Jeroen Hehuwat, suami-istri Kadek Andana dan Alma Parahita yang hingga saat ini belum ada kabar. 

"Kita sudah koordinasi dengan Nepal menitipkan tim kami di sana untuk masih bisa melakukan proses pencarian," ujar Grahito saat ditemui di Dago Utara, Kota Bandung, Kamis (7/5/2015)

Grahito mengatakan, untuk tahap awal tim yang sudah berangkat Rabu (29/4) akan pulang duluan ke Indonesia. Ia menegaskan kepulangan timnya yang berangkat yakni Gyaista Sampurno, Victor Tumaang dan Benjamin  itu bukan mengakhiri pencarian terhadap tiga rekannya. 

Sedangkan Victor Tumaang bersama dua orang dari Pemkot Bandung, Regi Munggaran dan Sofyan Arief Pesa, sudah lebih dahulu sejak Selasa (5/5).  

"Tim kembali dulu kesini itu untuk koordinasi langkah selanjutnya. Jadi bukan mengakhiri pencarian, hanya koordinasi untuk langkah selanjutnya saja," ujar dia 

Tim yang telah kembali kemungkinan setelah menentukan langkah selanjutnya, tim akan terbang kembali ke Nepal untuk terus mencari dan menggali fakta di lapangan. 

Saat ini Grahito belum mendapatkan informasi lanjutan mengenai keberadaan tiga rekannya itu. Bahkan, info mengenai 9 jenazah yang ditemukan tim SAR di Langtang, dapat dikonfirmasi dari 9 jenazah itu tidak ada tanda-tanda mengenai ketiganya. 

"Laporan Agung yang disana, 9 jenazah itu sudah ke Kathmandu, dan bukan rekan kita," katanya. 

Belum ada tanda-tanda mengenai ketiga pendaki Bandung dari THC memasuki pekan kedua ini. Kondisi Langtang dimana ketiganya terakhir berada dikabarkan sudah rata. 

Pihak THC walaupun sudah memikirkan resiko yang terburuk tetapi  akan berusaha untuk menemukan ketiga rekannya tersebut. 

"Kita sudah mempersiapkan, tapi kita masih tetep berusaha untuk menemukan. Kita masih tetep mengumpulkan data terus dan fakta dilapangan," katanya. 

Dukungan beserta doa, lanjut dia, terus mengalir baik dari keluarga maupun rekan-rekannya. Bahkan, pada Senin (4/5) pukul 12.00 WIB, rekan-rekan dari THC yang tersebar di Indonesia, melakukan doa bersama untuk ketiga rekannya yang masih hilang kontak. 

"Pencarian masih terus dilakukan, tapi semua aktifitas bergantung faktor alam dan kewenangan. Kita berusaha semaksimal mungkin," katanya.
.

Categories:Bandung,