Cianjur Terbitkan 1.207.344 Lembar Akta kelahiran

Cianjur Terbitkan 1.207.344 Lembar Akta kelahiran

Cianjur - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur, sepanjang tahun 2014 hingga Maret, telah menerbitkan sebanyak 1.207.344 lembar akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Cianjur, Mochamad Ginanjar, di Cianjur, Kamis, mengatakan, sepanjang tahun 2014 hingga Maret, jumlah penerbitan akta kelahiran terus mengalami kenaikan.

"Sepanjang periode itu, kami telah menerbitkan sebanyak 1.207.344 lembar akta kelahiran. Jumlah tersebut diantaranya untuk tahun 2014 sebanyak 1.192.075 lembar akta lahir ditambah periode Januari hingga Maret sebanyak 15.319 lembar akta lahir," katanya.

Dia menuturkan, pihaknya rata-rata menerbitkan 100 hingga 150 lembar akta kelahiran untuk setiap harinya."Data untuk bulan April dan Mei, saat ini masih dilakukan pendataan," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya terus mengoptimalkan penerbitan akta kelahiran di loket pelayanan akta di Kantor Disdukcapil Cianjur."Kita tetap memaksimalkan pelayanan penerbitan akta kelahiran. Sebab dokumen kependudukan ini sangat penting bagi warga," katanya.

Terkait masih banyaknya warga belum memahami pentingnya nilai hukum akta kelahiran, pihaknya telah mensosialisasikan pentingnya membuat akta kelahiran di tiap kecamatan maupun desa/keluran.

"Untuk program jemput bola telah kita lakukan, ini agar semua warga Cianjur memiliki dokumen kependudukan yang lengkap. Akta kelahiran merupakan dokumen penting karena akta kelahiran memiliki kekuatan hukum untuk mengurus administrasi kependudukan lainnya dan berlaku internasional," katanya.

Selain itu, tutur Ginanjar, pihaknya akan bekerjasama dengan pengadilan agama terkait pelaksanaan sidang isbhat. Sebab, jelas dia, satu diantara penyebab banyaknya warga terutama anak-anak yang tidak memiliki akta lahir karena orang tua tidak memiliki surat nikah. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,