Pemprov Siap Berikan Bantuan pada Korban Longsor

Pemprov Siap Berikan Bantuan pada Korban Longsor

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan siap memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban longsor yang terjadi di Kampung Cibitung RT01/15 Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

"Tentu secara organik ini tanggung jawab PTPN VIII. Tapi jika dibutuhkan, pemprov untuk beri bantuan, kita beri bantuan," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat meninjau lokasi longsor, Kamis (7/5/2015).

Ia memuji kinerja pemda setempat yang sudah berhasil mengantisipasi bencana longsor tersebut.

"Antisipasi kita sudah cukup bagus, beberapa hari sebelum longsor, warga sudah dievakuasi ke tenda-tenda yang disediakan TNI dan BPBD," ujar Aher.

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya, menuturkan kebutuhan dasar pengungsi telah dicukupi.

Bantuan logistik yang ada dari BPBD Provinsi Jabar berupa mie instan 20 Dus dan aiir mineral 19 dus.

Dari Dinas Sosial bantuan berupa sarden 150 kaleng, kecap 200 botol, sauce 200 pcs, minyak goreng 200 pcs, selimut 300 lembar, dan dari Dinas Pertanian beras 50 kg dan mie instant 10 dus.

Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser, kata dia, telah menetapkan masa tanggap darurat ditetapkan dari tanggal 6 Mei 2015 hingga 12 Mei 2015.

Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi.

Hingga saat ini sebanyak 55 kepala keluarga (KK) atau 203 jiwa warga masih mengungsi di Balai Desa karena longsor yang terjadi di Kampung Cibitung RT01/15 Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jabar.

"Warga yang selamat sampai sekarang menginap di balai Desa Margamukti yang masih satu wilayah dengan lokasi longsor," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Marlan.

Ia menuturkan, hingga saat ini tercatat 23 warga menjadi korban yang lima orang di antaranya meninggal akibat tertimbun tanah longsor dan empat orang lainnya masih pencarian tim gabungan.

"Musibah longsor ini mengubur enam rumah dan merusak lima rumah milik warga. Sebagian korban luka sudah pulang dari rumah sakit. Kini korban luka itu berada di pengungsian," ujar Marlan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,