60 ha Cagar Alam Ijen di Jatim Terbakar

60 ha Cagar Alam Ijen di Jatim Terbakar

Kawasan cagar alam Kawah Ijen, Jawa Timur. FOTO ANTARA

Bondowoso  - Kawasan cagar alam Kawah Ijen, Jawa Timur yang terbakar sejak Rabu lalu belum berhasil dipadamkan dan diperkirakan telah mencapai sekitar 50 hinggaa 60 hektar.

"Malam ini 20 petugas kami hanya berjaga dengan peralatan seadanya agar kebakaran tidak sampai ke jalan yang menuju ke Kawah Ijen. Kami juga mempertimbangkan keselamatan petugas," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) III Jatim Sunandar Triguna Jasa.

Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi sejak Rabu (15/10) itu masih berkobar karena sulitnya medan di lokasi tersebut. Petugas BKSDA hanya menggunakan alat seadanya, termasuk menggunakan ranting pohon.

Menurutnya, untuk membawa kendaraan pemadam kebakaran ke lokasi itu sangat sulit, sehingga petugas BKSDA hanya bisa mendekati lokasi kebakaran dengan berjalan kaki. "Untuk malam ini petugas kami lebih banyak memantau dan saya ingatkan agar mereka lebih memperhatikan keselamatan diri," katanya.

Sunandar menjelaskan, lokasi kebakaran itu berada di sebelah timur Kawah Ijen, yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai negara dan terkenal dengan fenomena "blue fire" pada malam hari.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran semakin luas, kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Banyuwangi. Kalau dengan Bondowoso belum, karena lokasi kebakaran lebih mengarah ke wilayah Banyuwangi," katanya.

Menurutnya,  kebakaran yang hingga kini belum diketahui pasti penyebabnya itu belum sampai ke wilayah Paltuding, tempat terakhir wisatawan boleh menggunakan kendaraan bermotor. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,