Exit Poll: Konservatif Menang Pemilu Inggris

Exit Poll: Konservatif Menang Pemilu Inggris

Tetapi Partai Buruh dan Liberal Demokrat menyatakan tak percaya dengan exit poll.
Sementara hasil exit poll sejumlah lembaga, termasuk BBC menunjukkan Partai Konservatif memenangkan Pemilu Inggris hari Kamis (8/5/2015), namun masih kekurangan beberapa belas kursi untuk menjadi pemenang dengan mayoritas mutlak.
 
Menurut survey di sejumlah TPS di seantero Inggris, Partai Konservatif yang populer dengan julukan Torries kemungkinan bisa menempatkan 316 wakilnya di parlemen, sementara Partai Buruh diperkirakan memenangkan 239 kursi. Kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas tunggal adalah 326, kendati 
 
Partai Demokrat Liberal yang berkoalisi dengan Partai Konservativ dalam pemerintahan sekarang, hanya mendapat 10 kursi. Sementara partai SNP mendapat 58 kursi, Partai Hijau dua kursi, dan partai berhaluan kanan, UKIP, dua kursi.
Exit Poll diselenggarakan oleh NOP/MORI untuk BBC, ITV dan Sky.
 
Baik partai Buruh maupun Liberal Demokrat mengatakan tidak percaya pada hasil Exit Poll.
Di West Bradford, terjadi penghitungan ulang, dengan anggota parlemen pro Palestina George Galloway bertarung keras dengan kandidat Partai Buruh.
 
Di South Tanet, pemimpin UKIP yang anti imigran, Nigel Farage bisa jadi gagal memperoleh kursi.
Jika exit poll ini akurat sebagaimana tahun 2010, David Cameron akan tetap menjabat sebagai Perdana Menteri, sebagaiu pemimpin pemerintahan minoritas, dan tidak perlu membentuk koalisi, kendati ia mungkin akan butuh dukungan dari Partai DUP atau Liberal Demokrat. 
 
Bahkan jika pemimpin Partai Buruh Ed Miliband bisa membujuk Liberal Demokrat untuk bergabung bersama Partai Buruh dan SNP untuk membentuk pemerintahan, ia tak akan memperoleh cukup kursi untuk meloloskan program-programnya di parlemen.(Ode)**
.

Categories:Internasional,