Tornado Lukai 12 Warga Oklahoma

Tornado Lukai 12 Warga Oklahoma

Ilustrasi.(Foto:Net)

Houston - Serangkaian Tornado menerjang seluruh Negara Bagian Oklahoma, AS, Kamis malam (7/5/2015), melukai sedikitnya 12 orang dan mengakibatkan kerusakan luas.

Lebih dari selusin Tornado, yang dipicu oleh sistem topan yang melanda Southern Plains, menerjang bagian tengah dan barat Oklahoma pada Kamis malam, demikian laporan Xinhua. Tornado tersebut menjungkir-balikkan mobil, menumbangkan pohon dan tiang listrik serta menghancurkan rumah, kata harian the Oklahoman.

Ibu Kota Negara bagian itu, Oklahoma City, paling parah diporak-porandakan Tornado. Satu rumah mobil diterjang Tornado, dan 12 orang di dalamnya cedera, dua dalam kondisi kritis.

Seorang perempuan ditemukan tewas pada Kamis di tempat perlindungan Tornado di bagian tenggara Oklahoma City, tapi pihak berwenang belum mengkonfirmasi apakah korban tewas tersebut berkaitan dengan Tornado.

Beberapa pejabat dua kali mengosongkan Bandar Udara Will Rogers World di Oklahoma City, dan mengitim penumpang serta staf ke dalam teroowongan di luar zona keamanan.

Satu kebun binatang di Tuttle, kota kecil di dekat Oklahoma City, diterjang Tornado, sehingga menyebar kekhawatiran banyak hewan liar meloloskan diri. Pemerintah belakangan mengatakan semua hewan di kebun binatang tersebut telah ditemukan.

Wanita Juru Bicara Oklahoma City Kristy Yager mengatakan hujan lebat membuat pemerintah kota mengeluarkan peringatan darurat banjir bandang untuk pertama kali dalam sejarahnya.

Gubernur Negara Bagian itu Mary Fallin mengatakan ia akan mengupayakan izin dikeluarkannya peringatan bencana buat Oklahoma, sehingga melicinkan jalan bagi bantuan federal.

Petugas ramalan cuaca mengatakan topan diperkirakan menerjang banyak bagian wilayah yang sama pada Kamis, sehingga menimbulkan kemungkinan rankaian baru Tornado. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,