West Ham United Berada di Jalur Liga Europa

West Ham United Berada di Jalur Liga Europa

London - West Ham United berada di jalur untuk tampil di Liga Europa musim depan, setelah UEFA mengatakan pada Jumat (8/5/2015) bahwa Liga Utama Inggris akan mendapatkan spot fair play tambahan.

Inggris finis di urutan kedua pada klasemen fair play UEFA, di bawah Belanda, dan akan mendapatkan spot ekstra di putaran kualifikasi pertama Liga Europa.

"Pemenangnya Belanda, peringkat kedua adalah Inggris... masing-masing akan mendapatkan satu slot tambahan untuk putaran kualifikasi pertama Liga Europa UEFA 2015/2016," demikian pernyataan UEFA.

"Penilaian-penilaian fair play dibuat oleh delegasi-delegasi ofisial UEFA berdasarkan kriteria seperti permainan positif, menghargai lawan, menghormati wasit, sikap para penonton dan ofisial tim-tm, serta peringatan-peringatan dan pengusiran-pengusiran." Liverpool memuncaki klasemen fair play Liga Utama Inggris, namun pasukan Brendan Rodgers menduduki peringkat kelima di liga dan diperkirakan akan lolos ke Eropa.

West Ham, yang menghuni urutan kedua di klasemen fair play, berpeluang mengisi spot yang kosong namun Everton, yang berada di peringkat ke-11 di Liga Utama Inggris, berada di urutan ketiga di klasemen, di mana Manchester City berada di urutan keempat, dan Burnley yang terancam degradasi menduduki urutan kelima.

Bagaimanapun, City terlihat akan lolos ke Eropa via Liga Champions, maka Burnley dapat bermain di Liga Europa bahkan jika mereka terdegradasi ke Championship.

Masih ada tiga pertandingan Liga Utama Inggris yang tersisa, dan West Ham menjamu Everton pada satu pertandingan sebelum putaran terakhir kompetisi.

Tim-tim yang finis di peringkat kelima dan keenam di Liga Utama Inggris lolos untuk spot Liga Europa, namun tim peringka ketujuh juga dapat masuk jika tim peringkat kedua Arsenal menjuarai Piala FA, di mana mereka akan menyerahkan jatah mereka namun 'The Gunners' telah mencapai Liga Champions. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,