Jabar Siapkan 2.000 Hektare untuk Agribisnis

Jabar Siapkan 2.000 Hektare untuk Agribisnis

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyiapkan lahan sekitar dua ribu hektare di kawasan Jabar selatan untuk pengembangan agribisnis dan berbagai penelitian ilmiah terkait bidang pertanian dan peternakan.

"Lahan tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi perguruan tinggi di Jawa Barat. Jadi dulunya itu digunakan untuk riset kementrian riset dan teknologi, namun ada kelemahan di salah satu bagiannya jadi diambil alih oleh Pemprov," kata Plt Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Sabtu (9/5/2015).

Menurut dia, dengan adanya lahan tersebut maka berbagai penelitian terutama yang dilakukan oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (BP3IPTEK) Jawa Barat bisa dilakukan di temppat tersebut.

"Pun demikian dengan penelitian-penelitian dari perguruan tinggi di Jawa Barat bisa diarahkan ke lokasi ini. Jadi kalau ada penelitian-penelitian bisa diarahkan ke sana. Utamanya tentang agrobisnis," kata dia.

Iwa mencontohkan, saat ini Pemprov Jawa Barat sedang melakukan penelitian tentang sapi, unggas dan sedang mengembangkan Sapi Pasundan.

"Hal itu dilakukan karena Jabar kekurangan sapi, kalau unggas kan kita kontribusi 50 persen kepada nasional. Akan tetapi jika untuk pemenuhan kebutuhan sapi kita masih kekurangan dan masih disokong Jatim dan Jateng," ujarnya.

Sehingga, kata dia, dengan adanya lahan yang cukup luas ini maka diharapkan mampu mendorong pengembangan sapi hingga akhirnya bisa mendongkrak produksi sapi di Provinsi Jabar.

Dikatakan dia, dengan adanya kawasan pengembangan agribisnis tersebut maka diharapkan para petani terutama di sekitar kawasan tersebut menjadi lebih berdaya saing karena selama ini tak pernah ada pelajaran khusus dalam bertani dan berternak. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,