MU Dekati Kualifikasi Liga Champions

MU Dekati Kualifikasi Liga Champions

London - Manchester United beranjak ke ambang kualifikasi Liga Champions berkat kemenangan 2-1 di markas Crystal Palace pada Minggu (10/5/2015) WIB, sedangkan Burnley dipastikan terdegradasi dari Liga Utama Inggris.

Juan Mata membawa United unggul melalui penalti pada menit ke-19 setelah Scott Dann dinyatakan melakukan "hand ball," sebelum Luke Shaw, yang mendapat hantaman pada wajahnya, dan Wayne Rooney, yang terlihat merasa kesakitan pada pahanya, terpaksa meninggalkan lapangan.

Jason Puncheon menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas pada menit ke-57 yang sempat mengenai Daley Blind, namun 12 menit sebelum pertandingan usai, kiper Palace Julian Speroni terkecoh oleh umpan silang Ashley Young dan Marouane Fellaini dapat menanduk bola yang menjadi gol penentu kemenangan.

Kemenangan ini membawa United unggul tujuh angka atas Liverpool, yang tidak akan mampu melampaui pasukan Louis van Gaal jika mereka kalah dari tim yang baru dianugerahi gelar juara Chelsea pada Minggu.

Bahkan jika Liverpool mampu menang di Stamford Bridge, United hanya akan memerlukan tiga angka dari dua pertandingan terakhirnya, yakni saat menjamu Arsenal dan melawat ke markas Hull City, untuk memastikan finis di empat besar.

Ketika United mengakhiri laju tiga kekalahan beruntun, mereka kembali lebih berhutang pada kiper David de Gea, yang melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan upaya Glenn Murray, ketimbang kepada gol kemenangan Fellaini.

Burnley terdegradasi dari Liga Utama Inggris pada Sabtu meski mereka menang 1-0 di markas tim papan bawah Hull City, yang membuat mereka terpisah tujuh angka dari zona aman dengan dua pertandingan tersisa.

Promosi dari Championship musim lalu, Burnley memberi diri mereka sendiri harapan untuk terhindar dari degradasi saat mengalahkan juara bertahan Manchester City dengan skor 1-0 pada Maret, namun mereka kemudian menjalani enam pertandingan tanpa kemenangan, dan kalah lima kali.

Danny Ings menghentikan laju itu dengan gol penentu kemenangan di menit ke-62 di Stadion KC, melepaskan tembakan keras kaki kiri setelah Hull gagal menyapu tendangan sudut yang sekaligus menghentikan puasa gol pasukan Sean Dyche selama 1.036 menit, namun itu tidak cukup.

"Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan hari ini, namun kami tidak melakukannya dengan cukup baik sepanjang musim," kata pelatih Burnley Dyche. "Tentu saja, terdegradasi merupakan hal mengecewakan, namun saya percaya kami berada dalam bentuk yang bagus untuk kembali bangkit." Hasil ini mendongkrak Hull ke tepi zona degradasi dan membuat pasukan Steve Bruce hanya terpaut dua angka dari zona aman, menjelang dua pertandingan berat tersisa, saat mereka harus melawat ke markas Tottenham Hotspur dan menjamu Manchester United.

Mahrez picu kebangkitan Leicester Burnley terdegradasi meski naik ke atas Queens Park Rangers, yang berada di ambang tergelincir menuju kompetisi strata kedua ketika mereka tertinggal sembilan angka dari zona aman menjelang lawatan mereka ke markas Manchester City pada Minggu.

Newcastle United mendekat ke zona degradasi meski menghentikan laju delapan kekalahan beruntun -- laju terburuk klub sejak 1977 -- dengan bermain imbang 1-1 ketika menjamu West Bromwich Albion.

Tandukan Victor Anichebe membawa West Brom unggul pada menit ke-32, namun penyerang Newcastle Ayoze Perez menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian dengan meneruskan tendangan bebas dari Ryan Taylor, dan melepaskan bola ke sudut kanan bawah dengan kaki kirinya.

"Buktinya merupakan puding pada hari ini," kata pelatih Newcastle John Carver, yang timnya akan mengunjungi QPR sebelum menjamu West Ham United pada pertandingan terakhir musim ini.

"Saya melihat pertarungan dan hasrat untuk mempertahankan tim ini di Liga Utama Inggris." Newcastle sekarang unggul satu posisi dan dua angka atas tiga tim terbawah, selevel dengan rival lokalnya Sunderland, yang menang 2-0 di markas Everton berkat gol-gol dari Danny Draham dan Jermain Defoe di babak kedua.

Kebangkitan mengejutkan Leicester City berlanjut ketika mereka mengukir enam kemenangan dari tujuh pertandingan, dengan menang 2-0 atas tamunya Southampton yang membawa pasukan Nigel Pearson unggul tiga angka di atas zona degradasi.

Pemain sayap Aljazair Riyad Mahrez mencetak kedua gol pada 19 menit pertama, yang pertama melalui sepakan kaki kiri dari tepi kotak penalti dan kemudian menyambar umpan silang sayap kiri dari Jamie Vardy.

Finalis Piala FA Aston Vila juga melangkah lebih dekat ke zona aman dengan mengalahkan West Ham United dengan skor 1-0 di Villa Park, melalui gelandang pinjaman dari Manchester United Tom Cleverly yang mencetak gol ketiganya dalam tiga pertandingan.

Tottenham tetap unggul satu angka atas Southampton di peringkat keenam meski kalah 0-3 di markas Stoke City.

Charlie Adam, Steven Nzonzi, dan Mame Biram Diouf menjadi pencetak gol untuk Spurs, yang harus kehilangan Bek Spurs Vlad Chiriches diusir keluar lapangan pada awal babak kedua setelah menerima kartu kuning keduanya. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,