15 Orang Cedera Akibat Serangan Granat di Kashmir

15 Orang Cedera Akibat Serangan Granat di Kashmir

Srinagar - Setidaknya 15 orang cedera pada Minggu (10/5/2015) dalam serangan granat di Kashmir yang dikuasai India, kata polisi.

Serangan granat tersebut terjadi di Kota Shopian, sekitar 50 kilometer di selatan Srinagar, Ibu Kota Musim Panas Kashmir yang dikuasai India.

"Tersangka gerilyawan sore ini melempar satu granat ke arah sekelompok polisi di pasar utama di sini," kata Altaf Ahmad Khan, kata seorang perwira senior polisi di Shopian kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi. "Granat itu luput dari sasaran yang diincar dan meledak di jalan, dan melukai 15 warga sipil." Ledakan tersebut memicu kepanikan di kota kecil itu dan semua orang yang cedera segera dibawa ke rumah sakit lokal, kata warga setempat.

Menurut Khan, polisi tersebut berada di pasar sebagai bagian dari patroli rutin.

"Kami telah menerima 15 warga sipil yang menderita luka hari ini dan mereka semua telah diberi bantuan medis," kata seorang petugas medis.

Sejauh ini, tak ada kelompok gerilyawan yang mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu.

Gerilyawan kadangkala mengincar personel keamanan dan polisi India di wilayah tersebut.

Perang gerilyawan berlangsung antara gerilyawan dan tentara India yang ditempatkan di wilayah itu sejak 1989.

Kashmir, wilayah Himalaya yang terpecah antara India dan Pakistan, diklaim oleh keduanya secara keseluruhan. Sejak kemerdekaan mereka dari Inggris, kedua negara tersebut telah tiga kali berperang, dua secara khusus mengenai Kashmir. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,