Tim SAR Aceh Selamatkan 150 Warga Myanmar

 Tim SAR Aceh Selamatkan 150 Warga Myanmar

Tim SAR Aceh mengevakuasi sekitar 150 orang yang diduga warga negara Myanmar yang terombang-ambing di perairan laut Aceh Utara.(Net)

Banda Aceh - Tim SAR Aceh mengevakuasi sekitar 150 orang yang diduga warga negara Myanmar yang terombang-ambing di perairan laut Aceh Utara.

Kepala Badan SAR Aceh Budiawan yang dihubungi dari Banda Aceh, Minggu (10/5/2015), mengatakan evakuasi dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Minggu pagi, tim SAR mengevakuasi 150 warga negara asing yang dilaporkan terombang-ambing di perairan Selat Malaka, yang masuk wilayah Aceh Utara," kata dia.

Evakuasi dilakukan setelah ada laporan dari Pos SAR Langsa. Tim Pos SAR Langsa menginformasikan upaya pertolongan sebuah kapal kayu di perairan Aceh Utara.

Selanjutnya Tim Pos SAR Lhokseumawe menindaklanjut laporan tersebut. Mereka bergerak ke titik kapal yang disebutkan. Di titik tersebut mereka menemukan lebih dari seratus warga negara asing.

"Evakuasi dilakukan dua kali. Pertama 80 orang dan kedua 70 orang. Dan ini dilakukan karena keterbatasan alat angkut," ungkap Budiawan.

Selanjutnya, kata dia, warga negara asing tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan lainnya terkait keimigrasian. 

"Kami hanya mengevakuasi mereka. Ke-150 warga negara asing ini diserahkan ke pihak imigrasi untuk proses selanjutnya," kata Budiawan. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:nasional,