Bupati Pendeglang Minta Penuhi Hak Anak

Bupati Pendeglang Minta Penuhi Hak Anak

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi

Pandeglang - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan hak anak harus dipenuhi, baik untuk belajar, bermain maupun kebutuhan lainnya.

"Anak itu harus berkembang. Dia butuh pendidikan, kesehatan dan bermain sehingga tumbuh kembang jiwa dan raganya bisa baik," katanya di Pandeglang, Minggu (10/5/2015).

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, selama ini terus berupaya mencukupi kebutuhan anak-anak, termasuk penyediaan sarana bermain.

"Kita sudah menyediakan sarana bermain bagi anak-anak di sekitar alun-alun, ini merupakan salah satu bukti kalau Pemkab Pandeglang peduli terhadap anak," katanya.

Selain itu, kata dia, Pemkab Pandeglang juga sedang berupaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), yang prosesnya terus berjalan.

Bupati menyatakan pembentukan KLA tidak bisa hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah, tapi harus ada bantuan dari semua pihak, termasuk kalangan pengusaha, tokoh dan masyarakat.

"Tanpa bantuan semua pihak tidak mungkin keinginan kita untuk menjadikan Pandeglang sebagai KLA akan terwujud," katanya.

Ia menyatakan optimistis semua pihak terkait, termasuk masyarakat di daerah itu akan mendukung program pembentukan KLA karena sangat baik bagi perkembangan anak sebagai generasi penerus bangsa ini.

Pembentukan KLA, kata dia, merupakan program yang terintegrasi untuk mengoptimalkan pemenuhan semua hak anak dan dalam pelaksanaannya perlu melibatkan semua pihak.

Bentuk kepedulian lain Pemkab Pandeglang terhadap anak-anak, kata dia, dapat dilihat dari pembentukan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), sebagai salah satu satuan kerja perangkat daerah.

Yang tidak kalah penting, kata dia, para orang tua harus memperhatikan anak-anaknya, baik saat berada di rumah maupun ketika di luar rumah.

"Jangan sampai anak-anak kita salah salam bergaul yang pada akhirnya merugikan semuanya, teruma orang tua," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,