Curangi Rapor, Siap-siap Dicabut Statusnya

Curangi Rapor, Siap-siap Dicabut Statusnya

ilustrasi. (Net)

Bandung- Meskipun pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) sudah diumumkan, namun nyatanya hal itu belum bisa membuat siswa lega. Pasalnya, panitia SNMPTN meminta siswa menunjukkan nilai rapor asli ketika pendaftaran.

 Menurut Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., mengatakan, jika dinyatakan lulus SNMPTN, para calon harus melengkapi semua registrasi administrasi.

 "Mereka dapat melihat secara detail persyaratan yang harus dilakukan dan dilengkapi. Untuk registrasi administrasi, calon mahasiswa diwajibkan datang langsung ke Kampus Unpad dengan menyertakan rapor asli," ujarnya, Senin (11/5/2015).

 Dijelaskannya rapor asli tersebut akan digunakan untuk memverifikasi data nilai yang dimasukkan pada saat pendaftaran. "Jika terbukti terdapat kecurangan memanipulasi data nilai, maka status sebagai calon mahasiswa tersebut akan dibatalkan," tegasnya.

 Sanksi tegas juga akan diberlakukan kepada sekolah asal calon mahasiswa. Menurut Prof. Engkus, sanksi tersebut dapat berupa didaftarhitamkan hingga penurunan kredibilitas sekolah.

 Penurunan kredibilitas sekolah ini juga akan berpengaruh kepada lulusan-lulusan di angkatan selanjutnya.

 “Jika ada kesalahan nilai dalam verifikasi, kami akan lihat tingkat kesalahannya. Kami bisa saja mem-blacklist sekaligus menurunkan kredibilitas sekolahnya jika terbukti banyak kesalahan. Dan ini akan berlaku secara nasional,” kata Prof. Engkus.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,