Anggota Tim Transisi Satu per Satu 'Berguguran'

Anggota Tim Transisi Satu per Satu 'Berguguran'

Jakarta  - Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi resmi mengumumkan 17 nama anggota Tim Transisi, Jumat lalu. Namun, belum sempat mereka menjalankan tugas, beberapa anggota Tim Transisi mengundurkan diri. 

Salah satunya Velix F Wanggai, misalnya. Mantan Staf Khusus Presiden itu memutuskan untuk mundur, tidak lama setelah Imam mengumumkan skuad Tim Transisi. Langkah yang sama juga diambil oleh Darmin Nasution. Dengan begitu, tim yang memicu kontroversi ini hanya dihuni 15 nama. 

Untuk menyikapi hal itu, Kemenpora mengaku segera mencari penggantinya. Namun bila tidak juga menemukan sosok yang tepat, Tim Transisi terpaksa bekerja dengan 15 orang. "Memang pastinya, akan ada pengganti. Butuh waktu yang cukup lama, tapi lebih cepat lebih bagus. Namun, apakah harus 17 orang? Pada SK Pembekuan PSSI tak dijelaskan berapa jumlah anggota Tim Transisi. Jadi, kami harus lanjut," ujar Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewa Broto.

Gatot menjelaskan, pihaknya belum mengetahui rincian anggaran yang diperlukan untuk menjalankan roda kegiatan Tim Transisi. Hal itu baru bisa diketahui jika Tim Transisi sudah menggelar rapat. Rapat pertama Tim Transisi rencananya akan digelar pekan ini. Surat undangan telah dikirim, Senin (11/) siang. 

"Menyangkut soal dana, kami belum dapat laporan. Kerja Tim Transisi juga nantinya akan dimotori oleh Tim Teknis. Sementara anggota Tim Teknis dipilih oleh Tim Transisi, entah itu ahli hukum, praktisi sepakbola, dan lainnya. Kami hanya mencarikannya. Nah, dilihat dari komposisi seperti ini, logikanya lebih besar dari Tim 9. Tapi tak bisa untuk menggulirkan kompetisi," kata Gatot.
Sebelum membentuk Tim Transisi, Menpora telah lebih dulu membentuk Tim Sembilan. Dalam jumpa pers yang digelar Januari lalu Menpora menyebut, tim ini akan ditopang anggaran antara Rp 1 mliar - Rp 2 miliar. 
Tak cuma dana, SK untuk Tim Transisi ternyata belum diturunkan. SK baru bisa diturunkan saat Tim Transisi menggelar rapat pertama. "SK normalnya diberikan sehari setelah pengumuman, misalnya Tim Sembilan. Di dalam SK, nantinya akan berisi opsi jangka waktu kerja Tim Transisi," tambah Gatot. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,