Dinkes Kirim Tim Khusus ke Lokasi Longsor

Dinkes Kirim Tim Khusus ke Lokasi Longsor

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mengerahkan tim khusus ke lokasi Kampung Cibitung Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Tim kita ada yang dikerahkan, sampai hari ini kita kerahkan tapi untuk hari ini jumlahnya tidak sebanyak hari pertama. Tim ini terdiri dari dokter, perawat hingga bidan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, di Bandung, Senin (11/5/2015).

Kinerja tim tersebut, kata Alma, berada dalam satu komanda Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

"Kita sekarang msih satu komanda dengan BPBD setempat dalam mengikuti arahan dari mereka dan dinkes setempat," kata dia.

Menurut dia, pada hari pertama kejadian longsor tim khusus tersebut dibagi kinerjanya menjadi tiga bagian.

"Hari pertama sampai kita shift karena lokasinya kan luas mencapai sekian hektare. Jadi kalau ada lokasi seperti puskemas yang kosong kita isi untuk membantu," kata dia.

Ketika ditanyakan bagaimana kondisi kesehatan para pengungsi longsor saat ini, Alma menuturkan tidak mengetahui pasti kondisi para pengungsi.

"Untuk kondisi terkini saya belum tahu, harus cek dulu ke dinas kesehatan setempat seperti apa," kata dia.

Sementara itu, terkait adanya balita di lokasi pengungsian, pihaknya menyiapkan strategi khusus untuk mengurus para balita yang berada di pengungsian tersebut.

"Goncangan secara emosional pasti ada sehingga pendekatanannya bagaimana membuat mereka nyaman, penyuluhan agar dia bisa istriahat, makan tenang dan peran keluarga yang penting. Karena kenyamanan balita itu tidak bisa diambil alih dari orang tuanya," kata dia. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,