Pertemuan Jokowi-Prabowo Gairahkan Pelaku Pasar

Pertemuan Jokowi-Prabowo Gairahkan Pelaku Pasar

Pertemuan Jokowi-Prabowo Gairahkan Pelaku Pasar. (Foto: Net)

Makassar -  Pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo dengan Ketua bidang Pembina Gerindra Brabowo, pengamat ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr Hamid Paddu menilai pertemuan pertemuan itu sangat besar efeknya pada dunia usaha dan investasi yang kembali menggairahkan para pelaku pasar.


"Pascapilpres beberapa waktu lalu, situasi politik nasional hingga sebelum pertemuan itu tidak menentu dan para pelaku pasar merasakan dampak itu. Tetapi, setelah pertemuan keduanya, situasi berubah," ujarnya di Makassar, Jumat (17/10/2014).

Ia mengatakan, pertemuan singkat kedua tokoh nasional itu sangat berarti bagi para pelaku pasar karena mampu mencairkan kebekuan politik kedua kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). 

Pertemuan keduanya itu langsung membawa angin segar bagi pelaku pasar karena sebelum-sebelumnya investor sempat cemas dengan masa depan pemerintahan Jokowi. 

Program-program Jokowi dan Jusuf Kalla dikhawatirkan bakal terhambat oleh dominasi oposisi Koalisi Merah Putih (KMP) yang menguasai parlemen, baik DPR-RI maupun MPR.

Namun, kekhawatiran tersebut sedikit pudar setelah Jokowi menemui sejumlah tokoh dari Koalisi Merah Putih beberapa hari terakhir ini. Beberapa diantaranya, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie serta unsur pimpinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Lingkungan politik merupakan basis bagi pekerja ekonomi. Jika kondisi politik terus memanas, maka secara otomatis pekerja ekonomi akan lesuh karena meningginya sentimen negatif. Makanya, usai pertemuan tersebut pasar kembali bergairah dengan merespon cepat," katanya.

Dia menyatakan, pertemuan awal keduanya itu langsung disambut positif oleh pelaku pasar dan memberikan dampak pada bisnis perdagangan luar negeri.

"Baru melihat pertemuan-pertemuan saja, pasar langsung menyambut positif. Saya pun yakin sikap yang dipertontonkan petinggi partai seperti Prabowo dan Aburizal Bakrie bakal membawa prospek cerah terhadap ekonomi kita," terangnya. (Ode)**
 
.

Categories:Ekonomi,
Tags:jokowi,