DPRD : Sawah Baru Harus Didukung Infrastruktur

DPRD : Sawah Baru Harus Didukung Infrastruktur

DPRD : Sawah Baru Harus Didukung Infrastruktur

Bandung - Anggota DPRD Provinsi Jabar Yod Mintaraga menyatakan program Pemerintah Provinsi Jabar tentang pencetakan sawah baru harus didukung dengan pembangunan infrastruktur yang memadai.

"Pembukaan lahan sawah harus diiringi pembangunan infrastruktur jalan, bahkan pelabuhan, hingga bandara, ini penting untuk memudahkan distribusi hasil pertanian," kata Yod kepada wartawan di Bandung, Jumat (17/10/2014).

Ia menuturkan, pembangunan infrastruktur harus dilakukan untuk membuka jalur yang menjadi kawasan lahan baru pesawahan.

Seperti membuka jalur selatan Jabar, menurut dia, akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal atau memudahkan akses menjual hasil pertanian.

"Jaringan infrastruktur harus dibangun, dibuka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya.

Terkait program 100 ribu sawah baru di Jabar selatan, Yod mendukungnya, namun harus memperhatikan aspek pengairan yang mutlak dibutuhkan sektor pertanian.

Menurut dia, wilayah Jabar selatan terkendala faktor pengairan, karena sebagian besar aliran sungai di Jabar mengalir ke arah utara.

"Sungai di Jabar ini hulunya di tengah, sebagian besar hilirnya di utara, jadi sistem pembukaan sawah baru harus menjamin bahwa lahan itu bisa lebih produktif," kata politisi Partai Golkar itu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jabar dibantu Pusat menargetkan mencetak 100 ribu lahan sawah baru sampai 2017 untuk meningkatkan produktivitas pangan sebagai antisipasi terjadinya kerawanan pangan.

Pencetakan sawah baru di Jabar dilakukan secara bertahap setiap tahunnya, 2013 sudah tercetak sawah baru seluas lima ribu hektare, kemudian 2014 menargetkan 20 ribu hektare sawah, 2015 ditargetkan 25 ribu hektare, 2016 seluas 30 ribu hektare dan 2017 seluas 20 ribu hektare. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,