Wow! Myanmar Ukir Sejarah, U-19 Lolos Piala Dunia

Wow! Myanmar Ukir Sejarah, U-19 Lolos Piala Dunia

Timnas U-19 Myanmar Merayakan Keberhasilan Dengan Melakukan Arak-arakan. (Foto: Net)

Jakarta  - Setelah mampu menembus semifinal Piala Asia U-19 di negara Selandia Baru, Timnas Myanmar menciptakan sejarah dengan lolos ke Piala Dunia U-20.


Lolosnya Myanmar ke semifinal Piala Asia U-19 ini ditentukan setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 1-0 pada pertandingan perempat final di Thuwunna Stadion, Yangon, Myanmar, Jumat.

Berdasarkan data di laman resmi AFC, perjalanan tuan rumah Myanmar ke semifinal Piala Asia U-19 yang juga kualifikasi Piala Dunia U-20 ini cukup berliku. Timnas tuan rumah ini lolos ke putaran kedua dengan predikat runner up Grup A.

Untuk meraih posisi runner up, Myanmar harus bersaing dengan Yaman. Beruntung saat hitung-hitungan tim tuan rumah unggul dalam produktifitas gol. Selama penyisihan, Than Paing dan kawan-kawan memiliki rekor satu kali menang, satu seri dan satu kali kalah.

Dengan lolos ke putaran kedua, Myanmar mendapatkan lawan yang cukup berat yaitu juara Grup B yaitu UEA. Bahkan, tim asal Timur Tengah itu tidak pernah mengalami kekalahan. Bahkan mampu mengandaskan juara Piala AFF 2014 yaitu Indonesia dengan skor 4-1.

Namun, berbekal permainan kolektif Myanmar akhirnya mampu mengandaskan pemuncak klasemen Grup B melalui gol tunggal dari Than Paing pada menit 53. Keunggulan satu gol ini bertahan hingga pertandingan usai.

"Kami sangat senang dengan hasil ini. Kemenangan ini diraih dengan tidak mudah karena lawan (UEA) adalah tim kuat. Kami berjuang maksimal untuk meraih hasil ini," kata pelatih Myanmar, Gerd Zeise.

Pelatih yang membawa Myanmar bertandingan pada Piala AFF 2013 di Sidoarjo, Jawa Timur itu mengaku mengangkat topi pada perjuangan anak asuhnya dalam meraih hasil terbaik. Yan Naing Oo dan kawan-kawan dinilai mampu menjalankan instruksi pelatih.

Selain Myanmar, tim yang memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-19 adalah Korea Utara. Tim ini lolos ke babak berikutnya setelah di perempat final mengalahkan tim kuat Jepang melalui adu tendangan pinalti setelah diwaktu normal dan tambahan kedudukan imbang 1-1.

Pada tendangan adu pinalti, Korea Utara mendapatkan keberuntungan dibandingkan Jepang. Akhirnya Kang Nam-gwon dan kawan-kawan mampu mengakhiri pertandingan ini dengan kedudukan akhir 5-4. Hasil ini juga membawa Korea Utara ke Piala Dunia U-20.

Dua tim lagi yang lolos ke semifinal adalah Uzbekistan setelah dipertandingan perempat final mengalahkan wakil Asia Tenggara yaitu Thailand dengan skor 2-1 Satu tempat lagi direbut oleh Qatar setelah sebelumnya mengalahkan Tiongkok dengan skor 4-2.

Pada babak semifinal, tuan rumah Myanmar akan menghadapi Qatar dan Uzbekistan akan menghadapi Korea Utara.(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,