Prostitusi Cara Meraih Peningkatan Gaya Hidup

Prostitusi Cara Meraih Peningkatan Gaya Hidup

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Kasus prostitusi yang merebak saat ini menimbulkan banyak tanggapan dari berbagai kalangan, terutama praktisi di bidang sosial. Prostitusi telah berkembang ke arah gaya hidup, tarif yang di luar logika merupakan sebuah bukti di mana seseorang lebih mementingkan glamoritas.

Hal itu diungkapkan Suharma PHD, Pemerhati Sosial dan Dosen STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung) kepada CikalNews.com di Kampus STKS, Jalan Ir. H Juanda Kota Bandung, Rabu (13/5/2015).

"Masalah prostitusi seperti fenomena gunung es, dan saat ini sudah berkembang ke arah gaya hidup yang hedonisme. Ada tiga hal yang menjadi inti permasalahan pelaku (PSK), mucikari dan konsumen. Semakin pelaku mematik harga tinggi secara otomatis ada keinginan kuat konsumen untuk mencoba, karena dorongan keinginan kepuasan dan peningkatan prestise. Begitupun pelaku yang menginginkan peningkatan gaya hidup hedonisme," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, sangsi yang paling berat seharusnya diberikan kepada mucikari atau perantara, karena mereka yang paling bertanggung jawab. "Sangsi sosial maupun pidana yang berat seharusnya dibebankan kepada mucikari, karena dia yang menciptakan terjadinya prostitusi," bebernya.

Ia pun sangat menyayangkan kasus prostitusi saat ini melibatkan para artis, pasalnya artis ini merupakan public figur bagi masyarakat. "Seharusnya para artis yang terlibat dalam prostitusi ini, menjadi public figur, yang menjadi contoh masyarakat termasuk mengenai dari mana dia memperoleh penghasilan. Dengan kata lain bila mereka terlibat praktik prostitusi unsur kepercayaan akan berkurang kepada mereka," paparnya.

Solusi yang diambil menanggapi permasalahan ini, menurutnya dibutuhkan penegakan hukum yang berat kepada mucikari yang terlibat dalam kasus prostitusi. "Solusi yang paling utama adalah tegakkan hukum yang seberat - beratnya, terhadap yang menjembatani prositusi," pungkasnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:gaya-hidup,