Paguyuban Pasundan Siap Jadi Central Film Sunda

Paguyuban Pasundan Siap Jadi Central Film Sunda

Ketua Paguyuban Pasundan, Prof Didi Turmudzi saat membuka Diskusi Film Nyi Ronggeng di Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra, Rabu(13/5/2015).(Cah yati/Cikalnews)

Bandung - Paguyuban Pasundan siap menjadi central informasi perfilm Sunda, di Jawa Barat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Paguyuban Pasundan Prof. Didi Turmudzi, dalam diskusi Pemutaran Film 'Nyi Ronggeng' di Gedung Paguyuban Pasundan Jalan Sumatera Bandung,yang digelar Forum Film Bandung (FFB) Rabu (13/5/2015).

"Pusat perfilman khusus berlatar budaya Sunda belum ada hingga saat ini. Untuk itu Paguyuban Pasundan siap menjadi pusat informasi perfilman Sunda. Sehingga semua daerah yang mencari informasi tentang film Sunda bisa mencari ke sini," ujarnya.

Dengan demikian, berbagai daerah yang membutuhkan informasi tentang film dengan tema kesundaan, bisa datang ke Paguyuban Pasundan.  "Lokasi di sini cukup representatif untuk menjadi pusat perfilman Sunda. Apalagi banyak tokoh kesundaan yang sering berkumpul d isini," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, saat ini memang kondisi perfilm Indonesia belum banyak mengangkat tema-tema film berbasis budaya Sunda. Padahal, di Jawa Barat sendiri banyak tema atau cerita yang bisa diangkat menjadi cerita menarik.
 
Oleh karenan itu, ia berharap ke depan banyak sineas-sineas yang mau menggarap perfilman dengan tema ke-Sundaan, sehingga mampu mengangkat Sunda dan Jawa Barat.  "Banyak kisah heroik yang bisa diangkat menjadi cerita film menarik tanah air, bahkan bisa mengangkat kesundaan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Fesyen,

terkait

    Tidak ada artikel terkait