Dongeng Anak Indonesia Hadir di Budapest

Dongeng Anak Indonesia Hadir di Budapest

Ilustrasi.(Foto:Net)

London  - Pameran Lukisan Dongeng Anak-Anak dari Pulau Jawa hasil karya Kiss Marta, digelar dalam rangkaian kegiatan Indonesian Days Charity Bazaar, di Budapest, Hungaria, belum lama ini.

"Melalui buku dongeng yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa setempat, diharapkan budaya Indonesia dapat diperkenalkan sejak usia dini bagi anak-anak Hungaria," kata Fatandari, Rabu (13/5).

Lukisan-lukisan itu dijadikan Marta sebagai ilustrasi buku Kumpulan Dongeng Anak-Anak dari Pulau Jawa, yang berjudul A Siklavirag (Bunga Karang), dari satu dongeng dalam bukunya yang telah diterbitkan pada 2007. 

Buku itu berukuran 21 x 27 cm dan dicetak menggunakan kertas tebal dan mengkilap sehingga terkesan ekslusif. Ada 10 lukisan berukuran 40 x 30 cm dan satu lukisan lebih besar, yang ditampilkan dalam gelaran budaya Indonesia itu. 
 
Lukisan bertemakan dongeng anak yang ditampilkan, di antaranya berjudul Az Arany Uborko (Timun Mas) dari Jawa Tengah, Peria Pokaksatndrek szvsz ke (Peria Pokak dan Peri Penenun dari Jawa Barat), Joko Tarub sa tndrasszony (Jaka Tarub dan Bidadari dari Jawa Tengah).

Selain itu buku dongeng Pa Szrnyleny szerelme (Cinta Putri Raksasa dari Jawa Timur), Fekete Majom 
(Lutung Kasarung dari Jawa Barat), A Varszlatos furulyai (Suling Ajaib dari Jawa Tengah), A Siklavirag
(Bunga Karang dari Jawa Tengah), A Felforditott csnak atau (Tangkuban Parahu dari Jawa Barat), dan lain-lain.

Anak-anak yang datang ke pameran sangat antusias melihat lukisan itu, dan banyak di antara anak-anak Hungaria itu meminta orangtuanya membacakan dongeng Indonesia dari lukisan yang ditunjuk dalam buku-buku yang disediakan juga di ruang pameran.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,