Ratusan Operator Wisata Gebyarkan JTX 2015

Ratusan Operator Wisata Gebyarkan JTX 2015

Bandung - Ratusan operator wisata dalam dan luar negeri sudah memastikan ikut dan hadir pada Jabar Travel Exchange (JTX) 2015 yang akan digelar di Bandung, 19-21 Mei 2015.

"Hingga saat ini sudah ada 110 operator wisata dalam negeri dan 11 operator dari luar negeri. Mereka sudah dipastikan hadir, dan jumlahnya akan terus bertambah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat H Nunung Sobari di Bandung, Rabu (13/5/2015).

Kegiatan yang digelar Disbudpar Jabar bekerja sama dengan Asita dan BPPD Jabar itu merupakan kegiatan rutin tahunan untuk memasarkan pariwisata di Jawa Barat.

Jumlah buyer dalam negeri ditarget 110 perusahaan/tour operator yakni dari DKI, Bali, Lombok, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Kepulauan Riau/Batam, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Banjarmasin dan Jawa Barat.

Sedangkan untuk buyer luar negeri, lanjutnya, dari 11 negara yakni Saudi Arabia, Belanda, German, Jepang, Tiongkok, Korea, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura dan Malaysia.

Sedamgkan puncak kegiatan berupa kontak bisnis JTX 2015 akan dilaksanakan di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, 21 Mei 2015.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Siti Tohariah Disbudpar Jabar menyebutkan JTX 2015 akan disiapkan 70 gerai atau stand, yang kini sudah terisi semua dengan komposisi 70 persen peserta dari Jawa Barat.

Para peserta terdiri dari biro perjalanan wisata, objek wisata alam, atraksi wisata, maskapai penerbangan, hotel, restoran, seller dari luar provinsi Jabar yang ikut berpartisipasi sebanyak 30 persen yang di antaranya ada Badan Promosi Pariwisata Sleman dan Dinas Pariwisata Kota Semarang.

Sedangkan untuk kedatangan buyer luar negeri didukung oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia, sebagaimana yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya untuk mendatangkan para tour operator dari beberapa negara.

"Buyer internasional yang hadir merupakan pangsa pasar potensial bagi Jawa Barat dan yang sudah mulai berkembang saat ini adalah dari Thailand, Jepang, Tiongkok, Vietnam, Filipina," katanya.

Selain itu pasar yang sudah mapan seperti Belanda, Timur Tengah, Malaysia dan Singapura.

Setelah beberapa tahun terakhir memperkenalkan kabupaten dan kota di Jawa Barat. Tahun 2015 Pre Tour Buyer luar negeri difokuskan di Kota Bandung dan sekitarnya. Bahkan sudah ada permintaan khusus dari para buyer Tiongkok untuk melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homann ke Gedung Merdeka sebagaimana yang pernah dilakukan pemimpin RRC pada Konferensi Asia Afrika 1955. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:,