Waspadai Serbuan Pangan Impor di Pasar Lokal

Waspadai Serbuan Pangan Impor di Pasar Lokal

Salah satu produk ketahanan pangan berbahan baku non beras dan terigu. (Foto : ADE)

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau kepada seluruh Walikota/Bupati di Jawa Barat, untuk mewaspadai serangan pangan impor di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tahun 2015. Di era itu dikhawatirkan serbuan pangan impor akan banyak masuk ke Indonesia sejalan dengan berlakunya era perdagangan bebas.

 

Menurut Heryawan, pada peringatan Hari Pangan Dunia ke-34 ini, ketahanan pangan lokal perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan mengolah makanan dari bahan baku nonberas.

 

“Ketahanan pangan kita harus bisa dijaga dengan kreatif untuk mengolah bahan pangan lain di luar beras. Jika ketahanan pangan lokal kita kuat, membanjirnya produk pangan impor bisa kita atasi,” aku Ahmad Heryawan pada acara Hari Pangan Dunia di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (17/10/2014).

 

Dia menegaskan, agar kebutuhan pangan masyarakat Jawa Barat tidak tergantung pada hasil pangan impor, berbagai hal perlu dilakukan. Antara lain dengan  memanfaatkan lahan untuk penamanan tanaman pangan, dan meningkatkan lahan untuk perternakan dan perikanan.

 

“Perluasan lahan dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung ketahanan pangan perlu dilakukan, Salah satunya dengan perluasan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan,” tegas Aher. (Jr.)**

 

 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,