Tambang Emas Longsor, 15 Penambang Hilang

Tambang Emas Longsor, 15 Penambang Hilang

Tambang Emas Longsor, 15 Penambang Hilang

Bogota -  Akibat dilanda banjir, tambang emas yang terletak di barat-laut Kolombia longsor. Sementara jalan keluar para penambang dari pengeboran lubang-lubang untuk mendapatkan mineral, tertutup rapat oleh material longsoran.
"Sejumlah penambang terperangkap di kedalaman sekitar 17 meter di bawah permukaan tanah," kata otoritas setempat. Seperti dikutip dari BBC, Kamis (14/5/2015) para petugas penyelamat dilaporkan terus berusaha menjangkau setidaknya 15 penambang yang terperangkap di  tambang itu.

Menurut keterangan pihak berwenang, untuk itu diperlukan setidaknya tiga hari guna memompa air agar bisa mencapai para korban yang terjebak. Namun demikian, pemilik tambang mengatakan mereka kemungkinan sudah tewas.

Para sanak saudara mananti di lokasi ambruknya tambang emas di dekat daerah El Saibo, Riosucio, Provinsi Caldas itu, sekitar 220 km dari ibukota Bogota. "Sejumlah penambang berhasil lolos ketika mereka mulai menyadari ada masalah," kata Leonardo Mejia, pemilik tambang itu.

Mejia mengaku, dirinya benar-benar merasa cemas terhadap 15 orang penambang yang hilang dan kemungkinan sudah tewas. Kolombia merupakan produsen utama emas dunia, namun lebih dari setengah tambangnya beroperasi secara liar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,