Pemerintah Ajak Kaum Muda Aktif Atasi Perubahan Iklim

Pemerintah Ajak Kaum Muda Aktif Atasi Perubahan Iklim

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Pemerintah mengajak para pemuda untuk ikut berperan aktif dalam mengatasi masalah perubahan iklim, agar tidak menjadi ancaman bagi pembangunan nasional.

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan, dengan cara menggunakan peralatan hemat energi," kata Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender Bidang Politik, Sosial, dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Heru Kasidi di Jakarta, Kamis (14/5).

Dia mengemukakan, upaya lain yang dapat dilakukan yakni penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), peningkatan penyerapan karbon serta menghindari penggunaan alat-alat penghasil emisi GRK.

Selain itu, penggunaan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan reforestasi yang melibatkan peran, partisipasi dan kontrol dari laki-laki, perempuan dan anak.

Dia menambahkan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ikut berpartisipasi dalam 5th Indonesia Climate Change Education Forum And Expo (ICCEFE) atau Pameran dan Forum Pendidikan tentang Perubahan Iklim Indonesia yang kelima.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 14-17 Mei 2015, dengan mengusung tema "Penguatan Pembangunan Rendah Emisi untuk Masa Depan Berkelanjutan dan Mendukung Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia".

Sementara Stan Kementerian PPPA mengambil tema "Memperkuat Peran Perempuan dan Anak dalam Pembangunan untuk Mempercepat Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia". "Pada event ini disediakan beragam kegiatan dan permainan edukatif seperti puzzling, ular tangga, menggambar, puisi dan lagu tentang peduli perubahan iklim," katanya.

Kegiatan itu bertujuan mentransfer pengetahuan khususnya kepada generasi muda dan anak usia sekolah, mengenai kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan guna menerapkan program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara nasional. "Semuanya harus dilakukan mulai dari tingkat individu," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,