Kegiatan HUT Bandung Bukan dari Dana CSR

Kegiatan HUT Bandung Bukan dari Dana CSR

Kegiatan HUT Bandung Bukan dari Dana CSR

Bandung - Sumber dana untuk melaksanakan berbagai acara dalam rangkaian menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Bandung Ke-204, bukan berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR). Namun, pembiayaan untuk melaksanakan semua itu murni bersumber dari sumbangan beberapa perusahaan swasta di Kota Bandung dalam bentuk sponsorship.

Demikian dikatakan Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot Bandung) Lusi R, ketika diwawancarai di PRFM, Sabtu (18/10/2014) siang.

Dijelaskan, masyarakat perlu mengetahui mana dana yang masuk lewat mekanisme CSR, dan mana dana yang masuk ke Pemkot Bandung melalui mekanisme sumbangan. Termasuk juga peruntukannya akan digunakan untuk kegiatan apa.

"Dana CSR yang masuk tentunya tidak bisa digunakan begitu saja. Namun, sesuai dengan mekanisme yang ada dana CSR yang mutlak harus digunakan untuk berbagai kegiatan yang menyentuh langsung terhadap kepentingan masyarakat," tegasnya.

Lusi mencontohkan, dana CSR tersebut bisa diguanakan untuk mengembangkan sektor pendidikan, kesehatan, ataupun kepentingan yang berhubungan dengan lingkungan. "Jadi, Pemkot sendiri tidak sembarangan menggunakan dana itu, sesuai dengan aturan dan mekanismenya," katanya.

Sementara untuk membiayai berbagai kegiatan menyambut HUT Kota Bandung termasuk pelaksanaan acara "Bandung Caang Festival 2014" misalnya, dananya bersumber dari sponsorship yang langsung diberikan atau dikelola oleh event organization (EO).

"Adapun peran Pemkot hanya sebagai fasilitator untuk mendukung pelaksanaan dan  lancarnya jalannya berbagai kegiatan atau acara," kata Lusi.

Kalaupun Pemkot harus mengeluarkan dana yang berasal dari  APBD, lanjut Lusi kemungkinannya kecil karena segala sesuatunya sudah diatur oleh EO. "Bisa saja Pemkot mengeluarkan dana dari APBD untuk menambah kekurangannya, misalnya. Namun biasanya nilainya relatif kecil. Ibaratnya Pemkot hanya membantu saja," tambahnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:hjkb,