Sevilla Hadapi Dnipro di Final Liga Europa

Sevilla Hadapi Dnipro di Final Liga Europa

Paris- Juara bertahan Sevilla, yang menghancurkan Fiorentina pada Jumat (15/5/2015) WIB, akan menghadapi tim asal Ukraina Dnipro di final Liga Europa di Warsawa pada 27 Mei.

Kedua finalis itu melaju ke ibukota Polandia dengan cara yang sangat berbeda Sevilla, yang mengincar kesuksesan untuk keempat kalinya secara beruntun di kompetisi ini, berada dalam posisi yang diunggulkan setelah pada pertandingan semifinal pertama yang dimainkan pekan lalu mendulang kemenangan 3-0, dan mereka menuntaskan perlawanan tuan rumah Fiorentina pada babak pertama melalui gol-gol dari Carlos Bacca dan Daniel Carrico.

Dnipro, bekas tim perusahaan pabrik roket, di sisi lain mengamankan penampilan perdananya di Eropa dengan menaklukkan Napoli dengan skor 1-0 di Kiev untuk melaju berkat kemenangan 2-1.

Napoli, juara Piala UEFA 1989, merupakan tim yang lebih baik pada babak pertama namun Yevhen Seleznyov mewujudkan impian Liga Europa timnya ketika ia menanduk bola melewati kiper Mariano Andujar pada menit ke-58, di mana umpan silang Yevhen Konoplyanka memiliki peran penting dari terciptanya gol penting ini.

Napoli akan muak melihat Seleznyov, di mana pemain yang sama tampil sebagai pemain pengganti pada pekan lalu untuk mengamankan hasil imbang 1-1 di Naples.

Penyerang Napoli Gonzalo Higuain memiliki peluang di fase awal pertandingan yang dapat digagalkan kiper Dnipro Danys Boyko, yang juga terbukti mampu menandingi pemain asal Argentina itu menjelang turun minum.

Pada kondisi hujan, Dnipro bangkit setelah turun minum dan hanya terpisah 45 menit dari penampilan perdananya di final kompetisi Eropa berkat peraturan gol tandang.

Namun pemain internasional Ukraina Seleznyov menghapus rasa gugup tim 'tuan rumah' - Dnipro menjamu Napoli di ibukota Ukraina karena alasan keamanan, yang berjarak sekitar 450 kilometer dari area konflik di Ukraina timur Dnipropetrovsk.

Di Florence, semua harapan Fiorentina untuk mampu bangkit sirna ketika penyerang asal Kolombia Bacca membuka gol untuk Sevilla pada menit ke-22, dengan memanfaatkan tendangan bebas Ever Banega.

Lima menit kemudian tim Italia itu kembali kemasukan dari situasi tendangan bebas, Carrico memasukkan bola yang berubah arah karena mengenai pemain Fiorentina ke sisi kanan.

Upaya Fiorentina untuk menciptakan gol lebih awal akan mendulang kesuksesan, namun kiper muda Sevilla Sergio Rico mampu menggagalkan tandukan Gonzalo Rodriguez dari jarak dekat.

Kemenangan 'berat sebelah' Sevilla yang membuka jalan ke final ini sangat berbeda dari perjalanan mereka tahun lalu, ketika mereka membutuhkan peraturan gol tandang untuk membawa mereka menyingkirkan Benfica.

Ketika tim Liga Spanyol itu sudah menjadi langganan di kompetisi Liga Europa, Dnipro masih mengarungi lautan yang tidak jelas dan berusaha mempersiapkan diri menuju klimaks kompetisi, di mana untuk pertama kalinya sang juara akan mendapatkan tiket langsung ke Liga Champions musim depan. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,