Ratusan Rumah Retak, Gempa 6,1 SR Guncang Bengkulu

Ratusan Rumah Retak, Gempa 6,1 SR Guncang Bengkulu

Ilustrasi

Mukomuko - Bengkulu diguncang gempa berkekuatan 6,1 pada skala Richter,  Sabtu dinihari tadi yang mengakibatkan ratusan rumah warga di Kabupaten Mukomuko retak-retak.

Menurut Staf bagian pendataan Kantor Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Eriyadi, gempa yang berlokasi di 2,79 Lintang Selatan - 101,99 Bujur Timur atau 63 kilometer tenggara Mukomuko dan 51 km barat laut Bengkulu Utara itu memang terasa kuat. Warga sempat berhamburan keluar rumah.

"Getaran pertama sangat kuat, kami harus merangkak keluar rumah," ujar Eriyadi, Sabtu (16/5/2015) pagi.  Selanjutnya terjadi gempa susulan sebanyak 2 kali berselang 5 menit kemudian, dengan kekuatan yang lebih kecil. 
 
Menurut Eriyadi, gempa susulan inilah yang justru berdampak besar, sehingga atap rumah bergetar disertai munculnya keretakan pada dinding rumah. "Warga tidak berani masuk rumah, takut jika terjadi gempa susulan akan merobohkan rumah," katanya.

Sementara itu, Zulkarnain, pekerja perkebunan kelapa sawit PT Agromuko, Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko mengatakan saat ini keluarganya bersama ratusan warga lain mengungsi ke Kecamatan Penarik yang dekat dengan Jalan Lintas Barat Sumatera.

"Jika bertahan di Bunga Tanjung kami khawatir terjadi bencana lagi seperti beberapa tahun lalu, karena jauh dari jalan raya dan tidak bisa berkomunikasi," ungkapnya.

Berdasarkan rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan, pusat gempa di daratan di jalur sesar Sumatera. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, tapi dirasakan kuat di Bengkulu Utara, Mukomuko dan Lebong selama 3-5 detik. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,