Jabar Godok Asuransi Pensiun Atlet

Jabar Godok Asuransi Pensiun Atlet

Bandung - Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat menggodok wacana pemberian asuransi pensiun bagi para atlet Jabar berprestasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para mantan atlet.

"Masalah asuransi pensiun atlet masuk ke dalam salah satu bahasan Disorda Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan atlet berprestasi," kata Sekretaris Disorda Jabar Dani Ramdhan di Bandung, Sabtu (16/5/2015).

Ia menyebutkan banyak kasus mantan atlit nasional yang hidup tak layak ketika sudah pensiun sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mencari solusinya.

Pemerintah sudah melakukan upaya pemberian bonus atau kadeudeuh bagi atlet, namun upaya itu perlu ditindak lanjuti dengan program yang lebih dibutuhkan atlet setelah pensiun. Termasuk memfasilitasi pengangkatan CPNS atau menyalurkan ke dunia kerja.

Upaya Pemprov Jabar meningkatkan kesejahteraan atlet adalah dengan melahirkan Perda tentang kesejahteraan terhadap atlit nasional.

Perda tersebut menjelaskan kesejahteraan yang di sasarkan terhadap atlit ada klasifikasinya. Selain itu standar uang saku juga ditetapkan supaya anggaran yang sudah di anggarkan menjadi lebih efisien dan tidak ada dana yang sia-sia.

"Termasuk pada setiap PON atau ajang seperti SEA Games dan Asian Games, kita memberikan kadeudeuh bagi mereka, tentunya dengan jumlah yang sesuai dengan ketentuan dan kemampuan anggaran daerah," kata Dani Ramdan.

Ia mengakui hingga saat ini masih ada perdebatan mengenai kebijakan bentuk bonus yang akan diberikan terhadap atlet berprestasi apakah dalam bentuk uang atau memberi rumah kepada para atlet yang berprestasi.

"Ini masalah efektifitas pemanfaatan dana," katanya.

Dalam penentuan kebijakan bonus yang disiapkan menurut Dani, Pemprov beberapakali berdiskusi dengan KONI Jabar untuk menemukan solusi terbaik. Disamping untuk mensejahterakan para atlit juga menyeimbangkan kas daerah untuk keperluan yang lain. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,