Seleksi SBMPTN Disabilitas Dipusatkan di ITB

Seleksi SBMPTN Disabilitas Dipusatkan di ITB

Bandung - Tempat pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015 bagi penyandang disabilitas akan dipusatkan di kampus Institut Teknologi Bandung.

"Pendaftaran dan tes untuk peserta SBMPTN dari penyandang disabilitas tidak ada beda dengan peserta lainnya, namun pelaksanaannya dipusatkan di Kampus ITB," kata Sekretaris I Panitia Lokal SBMPTN 2015 Bandung Asep Gana Suganda di Bandung, Sabtu (16/5/2015).

Menurut dia, pendaftaran untuk peserta berkebutuhan khusus tidak akan berbeda dengan peserta lainnya. Saat pendaftaran online, peserta yang berkebutuhan khusus dapat mencantumkan keterangan mengenai kebutuhan di kolom yang telah disediakan.

Kemudian peserta diwajibkan melapor ke Sekretariat Panlok Bandung beserta seorang pendamping yang akan mendampingi saat pelaksanaan ujian tertulis.

"Bila yang bersangkutan sudah daftar, dapat tempat ujian di daerah selatan. Dia harus lapor ke Sekretariat dan akan ditempatkan di sini. Mereka akan kami layani khusus," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pendamping tahun ini hanya bertugas sebagai saksi dalam jalannya tes SBMPTN. Tidak bertugas untuk membacakan soal maupun mengisi jawaban untuk peserta penyandang disabilitas.

"Soal dibacakan oleh salah satu pengawas, yang menuliskan jawaban pengawas yang lain. Jadi minimal untuk satu orang didampingi oleh dua orang pengawas dan pendamping itu untuk menyaksikan saja," katanya.

Tahun ini, SBMPTN Panlok Bandung juga memiliki sub-Panlok Tasikmalaya. Hal ini terkait dengan keikutsertaan Universitas Siliwangi yang telah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) keikutsertaannya di SBMPTN 2015. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,