Memilih Kampus di Luar Negeri Berdasarkan Jurusan

Memilih Kampus di Luar Negeri Berdasarkan Jurusan

Siswa bisa pilih kampus luar negeri berdasarkan program unggulan dan minatnya. (Foto : Istimewa)

Bandung – Pakar pendidikan Edu Global Indonesia (EGI) Oki Earlivan Sampurno menyarankan, bagi para siswa lulusan SMA sederajat yang berencana untuk kuliah di luar negeri, sebaiknya memilih kampus berdasarkan jurusan favorit dan unggulan. Jika seorang anak senang di bidang bisnis misalnya, sebaiknya mencari kampus yang punya unggulan di jurusan itu.

 

Menurutnya, saat ini ada beberapa jurusan favorit yang banyak diminati para generasi muda. “Untuk jurusan bisnis bisa memilih Amerika, Inggris, Australia, dan Singapura. Di sana banyak kampus unggulan yang jurusan bisnisnya menjadi andalan. Sedangkan kalau yang tertarik di bidang kesenian bisa mencari kampus di Belanda atau Jerman,” ungkap Oki Earlivan Sampurno saat disambangi di Eduplex Café Jl. Cisangkuy No. 6, Kota Bandung belum lama ini.

 

Apabila para siswa yang hendak melanjutkan kuliah ke luar negeri senang dan tertarik dengan jurusan teknik, sebaiknya mencari kampus di negara yang teknologinya pesat. “Jepang sangat cocok dijadikan pilihan untuk kuliah di jurusan teknik, karena kampus teknik di Jepang sudah terbukti keunggulannya,” pungkas Oki.

 

Namun begitu, memilih jurusan dan kuliah di luar negeri umumnya dilakukan jika kampus di Indonesia tidak memiliki jurusan yang diinginkan. Selain itu jurusan di Indonesia yang terbatas menjadi factor, kenapa orang ingin kuliah di luar negeri.

 

“Kalau ingin kuliah Cinematography atau teknik tekstil misalnya, sebaiknya di luar negeri. Sebab, di Indonesia masih terbatas, paling ada di IKJ dan STT Tekstil untuk jurusan itu. Sedangkan kalau mau ambil jurusan informatika mendingan di Indonesia, karena kampusnya banyak dan juga kualitasnya sudah baik,” pungkasnya. (Jr.)**

.

Categories:eduglobal,
Tags:,