Jalur Wisata Gunung Darajat Rawan Longsor

Jalur Wisata Gunung Darajat Rawan Longsor

kawasan wisata pemandian air panas Gunung Darajat Kabupaten Garut.(Net)

Bandung - Jalur wisata yang menghubungkan Kertasari Kabupaten Bandung dengan kawasan wisata pemandian air panas Gunung Darajat Kabupaten Garut rawan longsor.

"Ruas jalannya sudah diperlebar dan tikungannya menjadi landai, namun justru kerawanan longsornya cukup tinggi," kata Aceng (50) salah seorang penduduk Kampung Cihawuk Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (17/5/2015).

Jalur jalan raya itu telah diperlebar sejak empat bulan lalu dengan lebar sekitar 10 meter, bahkan di beberapa kelokan hingga 20 meter. Pada bagian awal pendakian jalur itu sudah dilakukan pembetonan hingga tiga kilometer.

Namun di beberapa bagian tebing jalan itu dengan ketinggian hingga 20 meter cukup rawan longsor, terutama pada musim hujan.

Beberapa lokasi longsoran terlihat di jalur itu, salah satunya bahkan menggerus hampir separuh jalur yang sebelumnya hanya jalan setapak itu.

Sejumlah pekerja tengah melakukan pengerasan dengan batu di jalur itu, namun untuk mengatasi bekas longsoran yang menggerus separuh badan jalan itu belum bisa dilakukan.

"Tebingnya sangat tinggi untuk dilakukan penembokan, salah satu jalan harus mengupas tebing untuk memperlebar jalan di lokasi yang longsor itu," kata Aceng.

Sejauh ini jalur itu hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua. Itupun harus dilakukan pada saat tidak ada hujan di kawasan itu.

"Jalur ini baru bisa dilintasi sepeda motor, itupun saat kalur kering. Bila hujan jelas tidak akan bisa naik," katanya.

Jalur Cibeureum-Darajat selain menjadi jalur wisata juga menjadi jalur ekonomi terutama bagi para petani sayuran di kawasan itu. Dengan adanya jalan itu maka proses pengangkutan sayuran menjadi lebih mudah.

"Untuk bisa dilintasi kendaraan roda empat tampaknya masih lama, butuh pengerasan dan memastikan jalannya aman dilintasi. Salah satunya tanahnya masih ada yang labil," kata salah seorang pekerja di lokasi itu. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,