Google Siapkan Layanan Wifi 6 Gbps

Google Siapkan Layanan Wifi 6 Gbps

Google Siapkan Layanan Wifi 6 Gbps

Jakarta - Kendati sudah memiliki layanan akses internet cepat Google Fiber, perusahaan internet Google tak berhenti untuk mengeksplorasi cara-cara baru guna menghadirkan layanan internet terbarunya.

Menurut pakar telekomunikasi nirkabel Stephen Crowley, pihaknya mengendus upaya Google untuk mengajukan lisensi baru yang memungkinkan bisa menggelar layanan internet lainnya.

Melansir dari Reuters, Google mengajukan izin ke Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat pada awal pekan lalu, untuk menjalankan uji coba spektrum nirkabel berada di sepanjang California.

Uji coba tersebut termasuk menggunakan gelombang frekuensi milimeter yang jarang digunakan, dengan tujuan mengirimkan data dalam jumlah yang besar. Belum diketahui pasti, apa motif Google untuk menggelar uji coba itu.

Namun, diduga perusahaan teknologi dunia itu berambisi memperluas pengendalian konektivitas internet di wilayah yang dimaksud. Pakar itu juga mengatakan, teknologi yang diujicoba kemungkinan bisa membentuk basis koneksi nirkabel yang akan langsung terhubung ke rumah, tanpa membutuhkan menggali kabel dalam tanah atau koneksi kabel fiber.

Crowley menilai, cara baru yang dijalankan Google relatif lebih simpel. Sebab, penggunaan frekuensi milimeter memungkinkan kecepatan pengiriman data bisa mencapai 6 Gbps dalam jarak yang pendek, tetapi kecepatan itu berjalan pada frekuensi 60 Ghz.

Menurut laporan Forbese, kecepatan itu enam kali lebih cepat dari Google Fiber. "Anda bisa melihat teknologi itu sebagai kemungkinan memperluas jaringan nirkabel Google Fiber, sebagai cara yang lebih ekonomis untuk melayani akses internet ke rumah, dibanding menggali kabel fiber ke masing-masng rumah," kata Crowley.

Pihak Google sendiri enggan berkomentar terkait pengajuan lisensi ke komisi tersebut. Para pakar nirkabel mengatakan, ada kemungkinan uji coba yang dirancang Google hanya bersifat riset dasar, tidak sampai menghasilkan layanan, atau produk akhir ke pelanggan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:teknologi,