Integritas UN Akan Tentukan Kelulusan SNMPTN

Integritas UN Akan Tentukan Kelulusan SNMPTN

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menggunakan indeks integritas dalam Ujian Nasional (UN) Sekolah pada 2016 mendatang, sebagai salah satu penentu kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Menurut Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad, di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Senin (18/5/2015), tahun ini memang belum dilaksanakan, karena SNMPTN sudah berlangsung. "Untuk itu kami akan memulai penerapannya pada tahun depan,” jelasnya.
 
Indeks integritas dalam Ujian Nasional (UN) Sekolah, lanjutnya merupakan tingkat kejujuran dan kecurangan siswa, sehingga hal itu menjadi salah satu cara melihat sekolah tersebut terindikasi curang atau tidak. Bahkan, bukan hanya diterapkan dalam SNMPTN tapi juga diterapkan di SBMPTN.
 
"Nanti risikonya, sekolah itu akan dapat hukumannya.  Bahkan jika terindikasi adanya kecurangan akan mempengaruhi ke adik kelasnya nanti, karena riwayat dari seniornya yang tidak jujur ketika UN,” ungkapnya.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengumumkan, hasil pengukuran indeks integritas ujian nasional SMA sederajat 2015. Ia hanya menyebutkan tujuh provinsi terbaik yang bernilai indeks tinggi, dengan angka kecurangan ujian kurang dari 20 persen. Antara lain Yogyakarta, Bangka Belitung, dan Kalimantan Utara.
 
Data tersebut sudah diberikan kepada universitas sebagai pertimbangan masuk atau tidaknya peserta SNMPTN, yang sudah diumumkan beberapa hari lalu.(Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,