Pansel Lelang Terbuka Jabatan Sekda Jabar Dibentuk

Pansel Lelang Terbuka Jabatan Sekda Jabar Dibentuk

Bandung - Panitia Seleksi (pansel)  untuk lelang terbuka untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, yang beranggotakan lima orang dibentuk oleh pemerintah pusat.

"Barusan kami berkenalan dengan panitia seleksi untuk pemilihan Sekda Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Senin (18/5/2015).

Ia mengatakan, kelima anggota panitia seleks lelang jabatan Sekda Jabar tersebut diantaranya Deputi SDM Kemenpar-RB Setiawan Wangsaatmadja, Sekejan Kemendagri, Deputi Sarana Prasarana Bappenas Dedi Supriatna. Tokoh Masyarakat Cahyana, dan akademisi Prof Armida Alisjahbana.

"Jadi tidak mungkin kita bikin panitia sendiri, apa sebabnya karena yang kita akan open recruitment itu sekda eselon I B. Di sini kan selain sekda hanya II A, jadi tidak boleh ada panitia yang berasal dari pemprov. oleh karena itu kami minta dari pusat," kata dia.

Pihaknya berharap, pada pertemuan pertama dengan panitia seleksi tersebut maka proses pemilihan jabatan Sekda Jawa Barat bisa segera dilakukan.

"Mudah-mudaha bisa segera dilakukan tapi prosesnya harus sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Penguman lelang akan dilakukan melalui media massa, ini dilakukan untuk menjaring para calon," katanya.

Pria yang akrab disapa Aher ini menambahkan pihaknya tidak akan mendorong secara langsung kepada PNS di lingkungan Pemprov Jawa Barat untuk ikut proses seleksi lelang terbuka jabatan Sekda Jawa Barat tersebut.

"Enggak perlu didorong-dorong lah, yang pasti natural saja, jadi enggak perlu disuruh-suruh," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Lelang Terbuka Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan dalam satu atau dua hari kedepan pihaknya akan melakukan konsolidasi internal tim seleksi.

"Baru setelah itu pendaftaran akan dibuka selama 15 hari kerja. Nama para pendaftar akan langsung diproses oleh panitia seleksi," kata Setiawan.

Mantan Kepala BLHD Jawa Barat ini memperkirakan proses seleksi akan memakan waktu satu hingga bulan namun proses juga bisa cepat, diperkirakan hanya membutuhkan 20 hari.

"Jadi bisa cepat, tapi itu tergantung banyak pendaftar," kata dia.

Dikatakan dia, selain Jawa Barat, proses lelang terbuka jabatan Sekda ini juga pernah dilakukan oleh Provinsi Jawa Tengah.

"Yang pertama itu Jateng, Jabar jadi provinsi kedua yang melakukan recruitment untuk jabatan sekdanya," ujar dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,