Jalur Utama Mudik Lebaran di Jabar Siap Digunakan

Jalur Utama Mudik Lebaran di Jabar Siap Digunakan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menyatakan jalur-jalur mudik utama Lebaran 2015 yang ada di wilayah Jawa Barat siap digunakan.

"Secara umum jalur-jalur utama untuk mudik sudah siap digunakan. Selain sudah ada Tol Cikapali, jalur utama seperti jalur utara, selatan dan tengah juga sudah siap," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro di Bandung, Selasa (19/5/2015).

Ia mengatakan salah satu jalur mudik utama di Jawa Barat yang bermasalah ada di kawasan Sumedang namun sedang diperbaiki.

"Untuk jalur selatan juga gak ada masalah, seperti Tasikmalaya, Garut. Insya Allah bisa difungsikan ketika mudik Lebaran tahun ini," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya memperbaiki jalur alternatif yang akan dipakai untuk arus mudik Lebaran 2015 yakni Jalur Cikamurang dan Jonggol.

"Setelah kami cek ke lapangan yang paling rusak memang jalur Cikamurang dan Jonggol. Namun saat ini sedang dalam proses perbaikan," Menurut dia, perbaikan untuk Jalur Jonggol saat ini masih berada dalam proses lelang sedangkan untuk Jalur Cikamurang sedang memperbaiki bekerja sama dengan pihak tol Cikapali.

"Jalur Cikamurang ini memang dipakai tol. Pembangunan tol kan wara-wiri lewat situ, udah ada perjanjiannya. Makanya setelah tol Cikapali beres, baru diperbaiki," katanya.

Pihaknya optimis jalur alternatif bisa digunakan untuk mudik lebaran walaupun dirinya kurang yakin jalur alternatif bisa dilalui ketika sebelum puasa.

"Jadi ketika 'munggah' (sehari sebelum puasa) seperti masih berat, karena kontrak juga kan per 1 Juni. Ya paling pas pertengahan puasa lah, bisa dikebut," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,