Bank Dunia Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Bank Dunia Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ilustrasi liputan6

Jakarta - Presiden Kelompok Bank Dunia memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh dengan rata-rata enam persen dalam waktu 10 tahun terakhir, serta berhasil memangkas tingkat kemiskinan ekstrim menjadi 11.3 persen saat ini.

"Membantu 25 juta orang keluar dari kemiskinan dalam kurun waktu kurang dari satu generasi adalah pencapaian besar," ujar Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim sesuai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Menurut Kim, tujuan utama Bank Dunia adalah mengakhiri kemiskinan ekstrim pada 2030 dan meningkatkan pendapatan rendah dan menengah.

Kim juga mengakui telah melakukan reorganisasi kelompok Bank Dunia dengan struktur baru yang berfokus pada upaya pengumpulan dan berbagi informasi antar negara tentang pengalaman-pengalaman terbaik di berbagai sektor.

"Kami ingin mempermudah negara-negara anggota untuk memperoleh manfaat dari kelebihan yang kami miliki. Pengalaman kami yang banyak dalam bidang pembangunan kemudnian dapat dipadu dengan dukungan finansial jangka panjang," kaa Kim.

Dalam pertemuan tersebut, Bank dunia menawarkan dana pinjaman kepada Indonesia sebesar 11 miliar dolar AS hingga empat tahun ke depan.

Rincian dari rencana pendanaan sebesar 11 milyar dolar AS tersebut terdiri atas 8 milyar dolar AS dari Bank Dunia (Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan/IBRD), dan 3 milyar dolar AS berasal dari international Finance Corporation (IFC) dan multilateral investment guarantee agency (MITA).

Besarnya jumlah pinjaman mencerminkan kenaikan pinjaman kepada Indonesia sebesar 25 persen dari periode 4 tahun sebelumnya.

Selain itu Kim juga menegaskan komitmennya untuk membangun dan memperluas kemitraan Bank Dunia di Indonesia.

"Dalam pertemuan kami dengan Presiden Joko Widodo sangat memberi inspirasi dan menuju ke arah yang benar. Dengan fokus Presiden Joko Widodo untuk pembangunan infrastruktur, membuat saya merasa sangat yakin akan masa depan Indonesia," ujar Kim. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,