Massa HMI Kepung Istana Merdeka

Massa HMI Kepung Istana Merdeka

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Ratusan demonstran dari elemen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mulai bergerak mengepung Istana Merdeka Jakarta untuk melakukan aksi unjuk rasa merayakan Gerakan Reformasi 20 Mei.

"Assalamu'alaikum. Teman-teman HMI bergerak dari Sekretariat ke Istana Negara. Longmarch dari RRI ke Istana Negara. Salam hormat," tulis pesan singkat yang dikirimkan oleh Ketua Umum PB HMI Arief Rosyid Hasan di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Sebelumnya, ia menegaskan bahwa HMI tetap akan turun ke jalan berunjuk rasa untuk merayakan gerakan reformasi, meskipun pada Senin (18/5) malam telah diterima dan berdiskusi dengan Presiden di Kantor Presiden, Jakarta.

HMI merasa perlu melakukan unjuk rasa, mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah mempersilakan mahasiswa dan pemuda untuk turun ke jalan untuk menyalurkan aspirasinya.

"Sejak awal, kami sudah bertekad bulat untuk tetap turun ke jalan menyalurkan aspirasi dan tuntutan perbaikan," katanya.

Dalam aksinya, HMI menyatakan sikap dan tuntutan agar Presiden menjaga stabilitas politik dan tidak membiarkan adanya penumpang gelap dalam pemerintahan yang membawa agenda berbeda.

HMI juga meminta agar Presiden menjaga stabilitas ekonomi dan berhati-hati dalam mengambil kebijakan menaikkan harga BBM dan Tarif Dasar Listrik (TDL) karena berpengaruh langsung terhadap harga kebutuhan pokok.

Organisasi itu sekaligus menuntut pemerintah agar mengarusutamakan pemuda dalam kebijakan pembangunan manusia.

"Kami juga menyerukan kepada seluruh kader HMI dan kawan-kawan organisasi mahasiswa untuk mengadakan aksi untuk memperingati gerakan reformasi," katanya.

Dalam aksi itu, pihaknya menyerukan tuntutan perbaikan, dan menjaga gerakan mahasiswa tetap berada di garda terdepan dalam mengawal jalannya pemerintahan yang demokratis. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:demo,