Sapi di Distan KP pun Panik Saat Pasar Jatayu Terbakar

Sapi di Distan KP pun Panik Saat Pasar Jatayu Terbakar

Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jl. Arjuna No.45 Bandung

Bandung - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung Elly Wasliah menjelaskan tentng kepanikannya, pada saat terbakarnya Pasar Onderdil Jatayu. Kebakaran itu dikhawatirkan meluas ke area kantor Dinas KP, sehingga hewan ternak yang ada di sana harus dievakuasi.

"Yang saya pikirkan pada saat itu, bagaimana mengevakuasi hewan-hewan ternak yang ada," kata Elly di kawasan Pasar Jatayu Kota Bandung, Rabu (20/5/2015)

Elly mengatakan, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) saat itu berada satu area dengan Distan KP. Ditambah lagi di sana terdapat sapi potong yang telah diimpor dengan berat mencapai 800 kg.

"Kebayang bagaimana memindahkan sapi-sapi tersebut, yang membutuhkan kendaraan truk sangat besar. Misalnya, truk tronton kalau pun sapi itu harus dipindahkan," paparnya.

Namun Elly bersyukur, atas kesigapan para petugas Dinas Pemadam dan Kebakaran Kota Bandung, apa yang dia khawatirkan tidak terjadi. Padahal, saat kebakaran, kobaran api hampir melumat sebagian gedung yang berada persis di dekat lokasi kios yang terbakar.

"Hanya terhalang benteng, sementara kobaran api sudah sangat besar. Tetapi alhamdulillah, kerena kesigapan Dinas Damkar api tak sampai merembet ke area perkantoran kita, dan hanya menghabiskan tiga mobil yang ada di dekatnya," jelasnya. 

Seperti diketahui, lokasi kebakaran yang melanda Pasar Jatayu Kota Bandung berada tepat di samping kantor Distan KP Kota Bandung. Jarak keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah benteng, setinggi kurang lebih tiga meter. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,