B.B. King Dimakamkan di Kampung Halamannya

B.B. King Dimakamkan di Kampung Halamannya

Legenda blues B.B. King

Greenwood  - Legenda blues B.B. King akan dimakamkan Sabtu 30 Mei di halaman sebuah museum yang didedikasikan untuk hidupnya di Indianola, sebuah kota kecil di Delta Mississippi di mana karirnya bermula.

Prosesi pemakaman akan dimulai dengan mengangkut jenazah King dari bandara di Memphis, Tennessee, Rabu pekan depan ke Handy Park di Memphis di mana dia mulai terkenal, sebelum menyusuri jalan U.S. Route 61 yang kerap disebut "jalan tol Blues" menuju kota kelahirannya Indianola.

Acara terbuka untuk publik akan diselenggarakan pada Jumat 29 Mei di Museum B.B. King dan Delta Interpretive Center di Indianola. Misa pemakaman akan diselenggarakan di dekat Gereja Baptis Bell Grove Missionary yang diikuti oleh pemakaman pribadi di halaman museum itu pada malam harinya.

Peraih 15 kali  Grammy dan anggota Rock and Roll Hall of Fame ini terlahir dengan nama Riley B. King sekitar 32 km dari Indianola di desa kecil Berclair, Mississippi, pada 16 September 1925.

Setelah orang tuanya bercerai, dia dibesarkan oleh neneknya di kota perbukitan Kilmichael.

Dia pindah ke Indianola saat berumur 17 tahun dan tinggal bertahun-tahun di sana sebagai pengemudi traktor perkebunan, selain bermain musik gerejani dan blues di berbagai gereja dan klub, di pinggir-pinggir jalan, dan di radio, sebelum pindah ke Memphis pada 1948.

King memiliki sebuah rumah di Las Vegas di mana dia meninggal dunia pekan lalu dalam usia 89 tahun, namun kebanyakan hidupnya dihabiskan di jalanan. Dia selalu tampil pada konser tahunan di Indianola yang disebut kampung halamannya, sejak 1980.

Majalah Rolling Stone memeringkatnya pada urutan 6 dari daftar 100 gitaris terbesar 2011, dan dianggap berpengaruh besar pada para gitaris blues dan rock lainnya.

B.B. King Homecoming Festival ke-35 yang kini dijuduli "a tribute to the King," akan diadakan di luar museum itu, Minggu, 24 Mei waktu setempat, demikian Reuters.(Ode)**
.

Categories:Hot Seleb,
Tags:selebriti,