BPKP Jabar Bantu Kelola SMA/SMK

BPKP Jabar Bantu Kelola SMA/SMK

Ilustrasi Foto.(RZL)

Bandung - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat ikut membantu proses pengalihan kewenangan mengelola SMA/SMK dari kabupaten/kota ke Provinsi Jawa Barat.

"Kami telah membentuk tim untuk melakukan percepatan ini terutama inventarisasi aset dan tenaga guru di daerah," kata Kepala BPKP Jawa Barat Hamonangan Simarmata, pada rapat koordinasi persiapan percepatan alih kelola SMA/SMK 2016 di Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Kamis (21/5/2015).

Menurut dia, tim yang dibentuknya tersebut sudah melakukan sejumlah proses verifikasi terkait persiapan percepatan alih kelola SMA/SMK di Provinsi Jabar.

"Jadi Pak Gubernur memang inginnya BPKP turun optimal. Namun kalau full team kami tidak bisa membantu lagi soal akrual basis, penataan aset dan lakip," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi kekurangan personel maka pihaknya bekerjasama dengan Biro Keuangan, Dinas Pendidikan Jawa Barat dan juga kabupaten/kota agar pelaksaan peralihan ini bisa berjalan lancar.

"Jadi percepatan ini dilakukan agar pada Juni mendatang urusan aset dan tenaga pengajar bisa tuntas," kata dia.

Sehingga, menurut dia, nantinya Pemprov Jabar bisa mengalokasikan anggaran untuk SMA/SMK pada APBD 2016.

"Apabila belum clear juga maka penganggaran 2016 akan menemui kendala nantinya, kata dia.

Pihaknya pernah mendengar isu diluar jika masih ada kabupaten/kota yang merasa keberatan jika SMA/SMK pengelolaannya ditarik ke provinsi.

Namun, kabar itu hanyalah isu semata sehingga agar semuanya berjalan lancar maka pihaknya mengimbau agar kabupaten/kota legowo.

"Mengapa harus legowo karena ini sesuai UU Nomor 23. Dan ini juga untuk kebaikan kita semua," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,