8,2 Hektare Kolam Retensi Dibangun di Cieunteung

8,2 Hektare Kolam Retensi Dibangun di Cieunteung

Ilustrasi.(Net)

Bandung - Balai Besar Wilayah Sungai Citarum akan membangun kolam retensi seluas 8,2 hektare untuk penanganan banjir di Kampung Cieunteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Kolam retensi ini merupakan salah satu proyek yang disiapkan pemerintah untuk mengurangi dampak banjir Sungai Citarum di Jabar," kata Satker Pengembangan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Ahmad Sajidin di Bandung, Kamis (21/5/2015).

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan kolam retensi tersebut sebanyak 0,8 hektare.

"Jadi sisanya, yang dua hektare tanah milik PT KAI, kemudian yang enam hektarre tanah dibebaskan masyarakat, Insya Allah tahun ini dibebaskan," kata dia.

Dikatakan dia, selain kolam retensi, pihaknya juga menyiapkan program pembangunan Flood-Way atau sodetan sepanjang delapan km di Sungai Cisangkuy di Kota Bandung.

"Pembuatan flood-way, atau sodetan Sungai Cisangkuy sekarang masih di usulkan oleh pihak dirjen supaya mendapat pembiayaan multiyears," kata dia.

Menurut dia, Sodetan Cisangkuy adalah dibuat karena Sungai Cisangkuy selalu menggenangi wilayah Andir, Kota Bandung jika masuk musim penghujan.

"Maka dipotong sebelah hulunya, kemudian dialirkan ke sebelah hilir sungainya," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan pengerukan kembali sungai Citarum mulai dari Sapan hingga Nanjung dan pengerukan di empat anak sungai Citarum di daerah hulu.

"Jadi elevasi banjir desain dari ITB mencapai 657,8 untuk wilayah Andir. Mudah-mudahan dapat turun 658, itu kalau di daerah Bandung Selatan tidak perubahan tata guna lahannya tidak besar ya," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,