Ramai-ramai Turun Sidak ke Pasar

Ramai-ramai Turun Sidak ke Pasar

Sidak disalah satu Distributor beras di Jl.Jamika, Bandung.(Putri)

Bandung – Munculnya pemberitaan adanya beras sintetis berbahan plastik yang beredar di pasar beras Bandung membuat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, serta  Disperindag UPN, Balai Pom, dan dari Satreskrim Polrestabes Bandung  terjun ke lapangan untuk sidak pasar tradisional dan pasar modern.

Di Carrefour tim menyidak tidak hanya memantau beras tetapi komoditas lainnya seperti daging, ikan, buah-buahan, dan juga ikan asin  serta ikan yang sudah diolah  diperiksa oleh petugas.

“Hasil uji di Carrefour Kiaracondong aman dan negatif penggunaan bahan-bahan kimia,” ujar Elly Wasliah selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan. Kamis (21/5/2015).

Elly mengungkapkan bahwa jika hanya diperiksa secara kasat mata untuk beras sintetis bisa dilihat dari warnanya yang lebih mengkilat, butiran berasnya pun seragam.

“Kalau beras asli itu agak-agak tidak mengkilat, tetapi agak buram. Juga ada patahan-patahan, jadi tidak sama semua. Tetapi kalau beras sintetis, karena pake mesin, tidak ada patahan-patahan,” ungkapnya.

Sebelumnya Elly sudah mempersiapkan jika ada indikasi yang dicurigai, tim nya sudah menyiapkan balai pom dan tentunya sample yang ada di tempat kejadian akan dibawa dan diuji di lab.

“Tapi alhamdulillah tadi tidak ada yang mencurigakan, sehingga kita tidak ambil sampel untuk diuji lab,” katanya.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,