900 Imigran Gelap Diselamatkan Pemerintah Italia

900 Imigran Gelap Diselamatkan Pemerintah Italia

Perahu Kayu Berisi Imigran Gelap Asal Afrika yang Berlayar Menuju Eropa (Foto: Reuters)

Roma - Pemerintah Italia menyelamatkan sedikitnya 900 imigran gelap. Berdasarkan keterangan penjaga pantai Italia, dirinya menemukan seorang jenazah dalam perahu.
 
Dilaporkan Reuters, Kamis (21/5/2015) ratusan imigran tersebut ditemukan berjejal di dalam tiga perahu kayu, yang datang dalam waktu berbeda pada Rabu 20 Mei 2015. Ketika perahu ditemukan sedang berlayar dari Afrika Utara menuju Eropa itu.
 
Perahu pertama yang berisi 328 imigran gelap diselamatkan dua perahu penyelamat Italia, dan sebuah perahu nelayan di Perairan Malta. Setelah itu, sebuah kapal Angkatan Laut (AU) Perancis juga menyelamatkan 297 orang di wilayah yang sama. Terakhir, sebuah kapal AU Italia menyelamatkan 286 orang dan menemukan satu jenazah dalam kapal.
 
Sementara konflik yang terjadi di Libya memicu peningkatan jumlah penyelundupan imigran gelap di berbagai negara. Pada kuartal-I 2015, sekira 200 ribu orang diselundupkan dengan menggunakan perahu yang tidak memenuhi standar keselamatan. 
 
Jumlah tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada kuartal-I 2014, tercatat hanya sekitar 30 ribu orang imigran gelap yang diselundupkan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,