Rio Haryanto Tembus 10 Besar Latihan Bebas

Rio Haryanto Tembus 10 Besar Latihan Bebas

Pebalap nasional Rio Haryanto.(Foto:Net)

Semarang - Pebalap nasional Rio Haryanto berhasil menembus 10 besar pada sesi latihan bebas atau "practice", Kamis (21/5/2015), menjelang berlangsungnya seri ketiga lomba balap mobil GP2 Series di Monte Carlo, Monako, 22-23 Mei 2015.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Kamis malam, menyebutkan, Rio yang mendapat dukungan dari Pertamina ini menempati posisi kesembilan dengan catatan waktu 1:21.426 dari 24 kali putaran.

Sedangan rekan satu tim Rio Haryanto di Campos Racing, pebalap asal Prancis Arthur Pic justru menjadi juara di sesi latihan bebas dengan catatan waktu 1:20.556, sedangkan posisi kedua ditempati pebabalap Racing Engineering Alexander Rossi dengan catatan waktu 1:20.775, sedangkan ketiga pebalap ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan catatan waktu 1:20.809.

Berbeda dengan babak kualifikasi yang akan dibagi ke dalam dua grup, 26 mobil secara bersamaan diperbolehkan turun ke lintasan untuk mencatatkan waktu selama sesi latihan. Mencari "clean lap" tanpa terhambat mobil lain adalah tantangan tambahan dari sirkuit paling pendek di kalender kejuaraan ini.

Rio terlihat turun ke lintasan bersama rombongan terdepan ketika lampu hijau menyala. Kurang dari lima menit kemudian, Mitch Evans terhenti di trek hanya beberapa meter setelah tikungan pertama dan sesi harus dihentikan untuk sementara.

Dalam sesi yang berlangsung selama 45 menit ini, Rio sempat berada di urutan keempat. Sebelumnya, lintasan sempat diguyur hujan dan mobil-mobil F1 yang lebih dulu menjalani sesi latihan turut membantu mengeringkan trek. Seiring waktu, permukaan aspal pun semakin menawarkan cengkeraman yang lebih baik.

Pebalap asal Solo, Jateng ini, menyelesaikan semua prosedur pemanasan sebelum lomba dengan lancar. Kali ini, Rio berkesempatan menguji dua kompon ban yang tersedia, yakni supersoft dan soft.

Akhirnya, Rio menempati urutan kesembilan atau terpaut 0,870 detik dari Pic di posisi teratas. Sesi kualifikasi untuk menentukan posisi grid feature race akan menyusul digelar Kamis malam mulai pukul 21.15 WIB (grup A) dan pukul 21.39 WIB (Grup B).

Pada Jumat (22/5) digelar race pertama atau "feature race" yang menempuh 140,280 kilometer atau 42 putaran mulai pukul 16.15 WIB dilanjutkan race kedua atau "sprint race" pada Sabtu (23/5) pukul 21.10 WIB sejauh 100,200 kiloemeter atau 30 kali putaran. (AY)

.

Categories:Autosport,
Tags:otomotif,